Kepada kamu calon pengganti, mungkin kamu tak mengenalku, dan begitu sebaliknya. Karena siapa aku, tak begitu penting. Aku datang dari masa lalunya, sedangkan kamu adalah masa depan dia. Mungkin pertama aku ucapkan selamat kepadamu, kamu menemukan seorang pria yang sangat baik. Saat dia mencintaimu dia tak akan segan menunjukkan rasa sayangnya padamu.

Dia pria yang jujur, bahkan jujur tentang apa yang dia rasakan. Hari-harimu akan penuh dengan jokes konyolnya, namun dia melakukannya dengar sederhana tanpa di buat-buat. Seperti setiap kali dia membuatku tertawa dengan caranya yang sederhana.

Kepada kamu calon pengganti ketahuilah, dia seorang otaku atau pecinta anime. Yang perlu kamu lakukan adalah mendengarkan, ya mendengarkan setiap dia menceritakan film anime apa yang sedang dia sukai, atau bahkan tokoh apa yang dia cintai dalam serial itu.

Ketahuilah kamu mencintai orang yang tepat, dia apa adanya, sederhana, sesederhana cara dia membuatku bahagia. Waktu yang kau habiskan bersama dia akan berjalan begitu cepat, karena tak ada waktu yang tak menyenangkan saat bersamanya.

Kepada kamu calon pengganti, mungkin dia akan sedikit menjengkelkan, kurang peka, tapi jujurlah apapun yang kau rasakan agar dia mengerti. Mungkin kamu juga akan kesal ketika melihat dia main game, tapi ketahuilah mungkin hal sederhana itu yang membuat dia bisa melepas rasa penatnya seharian bekerja.

Advertisement

Jangan membuat dia bingung atas hal-hal yang memang dia belum pahami, jelaskanlah apa yang sebenarnya menjadi keinginanmu. Dan jangan pula membuat dia sedih, aku tak akan pernah tega membayangkan dia sedih karena cukup bagiku membuatnya sedih. Cukup bagiku membuatnya selalu susah, untuk mengatur waktu, meminta dia menelfon, cukup sudah.

Mungkin dengan begini dia akan bahagia denganmu sekarang. Ketahuilah jarak sedang tertawa lebar, ia seolah menang atas hubungan kita berdua. Karena jarak juga yang mempertemukan kita dan jarak pulalah yang memisahkan kita.