Lini massa jagat sosial media akhir-akhir ini diramaikan dengan fenomena telolet. Mungkin untuk sebagian orang yang aktif menggunakan sosial media akan paham dan mengerti bagaimana telolet mampu menjadi perbincangan yang menarik bagi netizen. Tidak hanya netizen di tanah air yang terkena virus telolet, namun banyak selebritis dunia juga membicarakan telolet yang kemarin nangkring di world trending topic di twitter.

Namun untuk orang yang tidak menggunakan sosial medianya akan dibuat bingung dengan fenomena telolet dan bertanya-tanya, apa itu telolet? sejenis mainan, makanan atau apa. Nah mari kita simak apa sih sebenarnya telolet itu sehingga menjadi viral di sosial media

Telolet menjadi viral dimulai ketika ada sebuah pemberitaan di salah satu media yang memuat hoby unik dari anak-anak di berbagai daerah untuk berburu klakson yang unik dengan suara dan nada yang tidak biasa, anak-anak tersebut biasanya menyebutnya dengan telolet karena suara dan nadanya seperti terompet bernyanyi ketika dibunyikan. Biasanya mereka menunggu dipinggir jalan raya dan melambaikan tangan dan berteriak dengan kode "Om telolet Om" agar supir bus membunyikan telolet di hadapan mereka.

Tak puas hanya mendengar telolet, anak-anak juga mengabadikanya melalui video menggunakan smartphone yang dibawa oleh mereka. Virus teloletpun mewabah kepada anak-anak yang kebetulan tinggal di daerah yang dilalui jalur bus antar kota antar provinsi sehingga biasanya bus yang melintas mempunyai spesifikasi telolet. Hanya bus-bus tertentu yang bisa bertelolet, biasanya bus keluaran baru dengan spesifikasi tinggi.

Hobi ini memang sangat unik namun penuh resiko. Bagi anak-anak tersebut mendapatkan sapaan telolet dari supir bus tentu mempunyai perasaan yang membuat sangat bahagia, ada kepuasan batin tersendiri yang dirasakanya. Walaupun harus berdiri di pinggir jalan yang ramai kendaraan berlalu-lalang dan terik panas matahari yang begitu menyengat, namun setelah mendengar sapaan telolet semua itu tak pernah dirasakanya.

Advertisement

Mereka harus terus menjaga diri dengan baik dengan tidak terlalu dekat dengan jalan raya dan tidak menyalakan flash saat memvideo karena bisa beresiko bagi anak-anak tersebut dan juga penumpang bus. Nah tertarik mencoba hoby yang unik ini, persiapkan payung agar menjaga dari terik panas dan dinginya hujan serta smartphone untuk mengabadikan moment bus bertelolet.