Mungkin sering dari kita mengkhawatirkan beberapa hal dalam kehidupan kita, entah itu soal jodoh, keuangan, masa depan kita akan seperti apa, dan bisa juga khawatir kehilangan orang yang kita sayang, bahkan ada yang sampai bisa mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi. Hingga akhirnya ada orang yang sampai tidak bisa makan, tidak bisa tidur, dan aktivitas pun terganggu karna sarang dari rasa khawatir itu tadi.

Sebagai manusia, rasa khawatir itu normal dan setiap orang pasti pernah mengalaminya, tapi yang menarik adalah bagaimana orang tersebut merespon rasa khawatirnya itu. Apakah kita mengizinkannya masuk lebih dalam hingga menguasai aktivitas kita sehari-hari ? apakah kita rela membiarkan waktu yang seharusnya bisa kita pergunakan untuk hal bermanfaat diganti dengan posisi dari rasa khawatir itu tadi? Membiarkan rasa khawatir bersarang dan berkuasa didalam kehidupan kita hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga kita.

Biasanya khawatir datang dari pikiran kita, pikiran sekecil apapun bisa datang kapan saja dan kalau kita kasih makan terus maka ia akan terus berkembang dan membesar. Masalahnya, sadar atau tidak, kita sering terbawa dalam suasana dan tenggelam didalam perasaan tersebut.

"Worry can destroy your life!".

Banyak dampak dari rasa khawatir ini, pastinya rasa khawatir dapat menguras energi kita (sampai nggak makan dan nggak tidur), memberikan rasa insecure, hilangnya kepercayaan diri, menyebabkan stress dan depresi. Hal ini sangat mengganggu produktivitas kita.

Advertisement

Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah mengendalikan pikiran kita. Kita pemilik dari perasaan dan pikiran kita, kita yang berhak mengendalikan hal-hal apa saja yang kita izinkan masuk ke dalam kehidupan kita. Apakah itu baik atau buruk, kita yang memilih. Jangan biarkan perasaan negatif menguasai kita, kita yang punya kendali untuk hal tersebut. Apa yang menjadi kekhawatiran kita, kita perlu tahu dan setelah itu jangan biarkan perasaan itu mengambil alih, do something ! Banyak hal positif yang bisa kita lakukan .

Jadi kita ga boleh khawatir ? Rasa khawatir itu normal, tapi yang perlu kita lakukan itu adalah tidak hidup dalam kekhawatiran tersebut. Semangat !