Bogor kota yang indah sejuk nyaman, bagai bunga di dalam taman seperti lirik hymne bogor yang Bogor kota yang indah sejuk nyaman, bagai bunga di dalam taman seperti lirik hymne bogor yang sering terdengar waktu sekolah dulu. Bogor dulu dan sekarang pastilah berbeda, entah menjadi lebih baik atau sebaliknya tergantung dalam hal apa.

Entah kenapa Bogor yang begitu terkenal berkat hujannya ,dulu sangat sejuk kini agak mulai gerah bila di siang hari. Tapi bogor tetap kota yang sangat indah dan nyaman bagi saya.
Saat ini jika berjalan di jalan-jalan utama Kota Bogor terutama Padjadjaran banyak sekali perubahan yang tejadi,begitu banyak hotel baru berdiri di sepanjang jalan Padjadjaran, ada yang mempercantik suasana ada juga yang cukup kontroversial menurut saya agak menggangu,terutama hotel yang tepat berdiri dekat dan menjulang melebihi icon kota, tugu kujang.

Di sini banyak kuliner enak yang beragam walau tidak terlalu sehat untuk di konsumsi,hmmm,tapi tetap maknyus dan laziz di lidah. Seperti soto, ada santan, kuning, bening atau soto mie, yang sehabis makan semua itu harus lebih giat lagi berolahraga. Lalu yang berderet di pertokoan dekat jembatan merah yang sangat ramai kala malam hari tiba, Doclang. Atau paduan Oncom merah, daun kemangi, toge, tahu, dan lontong lalu di siram air kuning menjadi Laksa. Itu hanya sebagian kuliner tradisional yang begitu memikat lidah kita.

Selain kuliner tradisional saat ini kuliner modern juga seolah berlomba-lomba , banyak bermunculan ada lapis talas Bogor ‘sangkuriang’ yang kini banyak di ikuti oleh merk-merk lainnya,walau begitu tetap menjadi primadona. Macaroni dicampur telur dan daging sapi lalu di panggang..ehmm..pasti macaroni panggang yang begitu menggoda lidah dan menjadi oleh-oleh wajib atau makan di tempat para wisatawan yang berkunjung ke Bogor. Lalu masih ada Apple Pie, Miss Pumpkin atau kue labu, roti unyil ‘venus’ dan masih banyak lagi sepertinya yang belum tertulis.

Tapi untuk yang paling utama adalah kebun raya bogor, jika pernah ke bogor tapi belum ke kebun raya kurang sedap rasanya.
Kebun raya terletak tepat di tengah kota bogor , banyak cerita tercipta disini. Kebun raya mempunyai luas kurang lebih 87 hektar dan 15,000
Jenis tumbuhan. Kebun raya tetap menjadi tujuan utama wisata di Kota Bogor apalagi pada hari sabtu-minggu atau libur lainnya sepanjang jalan Ir Juanda dimulai dari selepas pintu istana (dekat gereja zebaoth)hingga depan Mc Donald atau BNI menjadi lahan parkir dadakan meski pada hari biasa terkadang ada razia parkir sembarangan.

Advertisement

Kehidupan malam kota Bogor juga lumayan riuh apalagi pada akhir pekan,banyak yang di lakukan oleh anak muda atau lebih muda yang menghabiskan malam minggunya di jalanan. Kawasan air mancur pasti masuk list untuk dijadikan tempat nongkrong pada malam hari sembari ditemani hangat nya bandrek susu atau kacang rebus dan daerah jembatan merah dengan kuliner andalan nya doclang dan kawan-kawan. Dan yang paling tak terlihat tapi terasa adalah Kehidupan malam di sepanjang kawasan gedung DPRD yang juga tak jauh atau sangat dekat dari kantor POLRES, disana banyak penjual kehangatan tapi bukan bandrek.
Sekian terimakasl