Pernah ngebayangin gaa sih, kita udah daftar kuota steril, trus ngeliat muka "anabul" dirumah kok kaya nelongso gituh. Bikin niat steril jadi maju mundur. Apalagi kalo denger suara suara sumbang soal steril, 'lu tuh ga berprikebinatangan banget sii, kucing kok mau di kebiri' Sakit bang. Sakiiiiiiit, hati hayati bang. Steril itu banyak manfaat nya taukkk. Sebenernya steril itu diapain sih? Okelahh, daku jelasin yak.

Sterilisasi atau yang lebih kita kenal dengan kebiri adalah prosedur bedah untuk membuang organ reproduksi hewan jantan dan betina. Arrggghhh! Langsung puyeng baca kata 'bedah'. Tenang… Selama proses pembedahan, kucingnya dibius kok, jadi ga perlu khawatir anabul kesayangan tersiksa. Trus, kenapa harus di steril? Coba deh kamu bayangin, ada berapa banyak kucing-kucing terlantar diluar sana, mereka harus berjuang keras hanya untuk mengisi perut kecil mereka, kehujanan, ditabrak pengendara bermotor, ahh galau hayati ngebayanginnya.

Salah satu kenapa harus steril, adalah mengurangi populasi kucing liar melonjak. Ada efeknya ga nanti setelah di steril? Efek? Pastinya ada. Huayoooo lhooo Tenang tenang jangan buru buru pingsan. Efek steril pastinya ada. Yang pertama, mencegah lahirnya anak-anak kucing yang tidak diinginkan.

Membuang anak kucing selagi dia masih kecil dan memisahkannya dari sang induk sama saja dengan membunuhnya pelan-pelan! Kedua, mengurangi/menghilangkan Spraying. Ngacung deh yang pusing sama anabul yg suka spray dimana-mana. Yup, kucing jantan akan menandai daerah kekuasaannya dengan pipis sembarangan. Pusing juga kan kalo dirumah bau pesingnya anabul. Ketiga, tidak agresif terhadap kucing yang lain. menyerang, berkelahi, dan perilaku agresif lain memang sudah jadi hal natural yg biasa dilakukan kucing jantan saat memperebutkan betina.

Tapi apa rela kalo anabul kita babak belur. Nah, pada kucing yang disteril, perilaku ini cenderung berkurang. Keempat, mengurangi resiko tumor dan kanker prostat. Syerem kan. Dengan steril hormon testosteron tidak lagi dihasilkan sehingga resiko tumor, kanker uterus atau prostat bisa dikurangi. Kelima, lebih anteng di rumah. Pernah ga anabul dirumah tiba-tiba jadi bang toyib? Iyess, ketika datang musim kawin, kucing jantan sering tiba-tiba menghilang, ketahuilah mereka pergi ke tempat kucing betina.

Advertisement

Nah yang terakhir, lebih penurut dan manja. Karena sudah tidak agresif lagi, kucing lebih senang dimanja dan menjadi penurut. Tuhkan, efek positifnya banyak, masa kamu masih maju mundur mau steril kucing mu, yukk buruan steril anabul dirumah, biar sehat, manja dan ga jadi bang toyib. Hehehe

Salam meong Ranna __________ *Anabul = anak bulu = sebutan cat lover untuk kucing peliharaan mereka.