Dalam melakukan aktivitas keseharian kita tak pernah luput dari kesalahan termasuk di kantor. Kesalahan kecil dalam tugas keseharian individu dapat segera diperbaiki dengan cepat,bahkan sebelum diketahui oleh yang lain. Tetapi jika menyangkut kerja tim dalam sebuah proyek, terlepas besar atau kecil hal tersebut sering membuat kita merasa tidak enak hati.

Nah, jika kebetulan Anda berada di pihak yang menimbulkan kerugian tim Anda maka, berikut yang perlu Anda lakukan:

Meminta maaf segera

Kedengaran sangat mudah, sejak kecil kita diajarkan jika berbuat salah minta maaf. Namun kita juga tahu, reaksi terhadap sebuah keadaan tidak selalu begitu. Kadang kesalahan yang membuat kita merasa tidak enak,malu, atau takut justru menimbulkan reaksi yang lain. Bukannya mengakui kesalahan, malah bersikap defensif atau bahkan marah. Ya, menjadi lebih galak dari yang lain. Dalam dunia profesional pendekatan ini tidak akan berarti apa-apa untuk Anda.

Hanya ada satu cara yang baik, yakni mengakui kesalahan. Anda tidak perlu untuk terus-menerus, atau mengucapkan maaf dengan berulang-ulang apalagi disertai sikap panik. Cukup tunjukan penyesalan yang tulus atas tindakan Anda, dan memastikan bahwa hal itu tidak akan pernah terjadi lagi.

Advertisement

Menerima dan menjalani konsekuensi yang ada

Tergantung dari kesalahan yang dibuat, menerima konsekuensi bisa berarti hal yang berbeda: Mungkin Anda harus melakukan pertemuan tidak nyaman untuk memperbaiki hubungan dengan klien. Lain hal Anda harus bekerja lembur untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat.

Apapun yang harus Anda lakukan, segera lakukan tanpa mengeluh. Ini akan menunjukkan kepada semua orang di sekitar bahwa Anda bertindak profesional serta seorang yang bertanggung jawab.

Konsekuensi lainnya adalah bahwa untuk beberapa saat, kemungkinan Anda akan merasa tidak nyaman atau kurang dipercaya lagi di kantor. Anda akan bekerja di bawah pengawasan yang ketat. Yang artinya Anda perlu melakukan tugas dengan upaya terbaik.

Anda benar-benar perlu untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa Anda siap untuk move on dari kesalahan yang Anda buat dengan cara yang baik.

Memahami bahwa Anda tidak sendirian di kantor

Kabar buruk, seperti yang Anda tahu, adalah bahwa Anda telah membuat kesalahan benar-benar mengerikan. Berita bagusnya Anda tentu bukan satu-satunya orang di dunia ini yang pernah melakukannnya. Dan hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memperbaikinya, belajar darinya, dan move on. Tidak terus-menerus merasa malu, marah, dan tertekan, yang hanya akan memengaruhi kinerja Anda berikutnya. Sangat sulit menjadi produktif dengan hasil yang baik, jika perasaan Anda sedang galau.

Menghindari godaan mencari kambing hitam

Anda tidak harus memikul tanggung jawab untuk hal-hal yang tidak Anda lakukan, tapi menyalahkan orang lain tidak pernah menjadi ide yang baik. Jika ada orang lain yang ikut bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi, konsentrasi saja kepada kesalahan yang Anda buat. Ketika meminta maaf atas kesalahan, minta maaf atas tindakan Anda saja. Lakukan dengan Jelas dan spesifik, tetapi jangan pernah membawa orang lain ke dalamnya.