Saat di Jogja kita sempat berfikir, mau kemana kita? Mau ngapain kita? Saking banyaknya wisata di Jogja yang ingin kita kunjungi. Dari wisata petualangan, wisata air, wisata bersejarah, wisata kuliner, ataupun wisata pantai dan masih banyak lagi wisata yang ada di Jogja sampai kita bingung untuk mendatanginya?

Di sini kami berpendapat bahwa salah satu wisata di Jogja yang jangan pernah di lewatkan adalah wisata pantainya, karena selain udara dan terik matahari yang panas di pantai juga berhembus angin yang tejuk. Apalagi dengan wisata di Gunung Kidul dengan salah satu wisata pantai yang pasir pantainya berwarna putih. Taukah anda mengenai deretan pantai di Gunung Kidul, salah satunya yaitu Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai di wilayah Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Wilayah Gunungkidul memang dikenal memiliki banyak wisata pantai yang indah dan Pantai Sepanjang salah satunya dengan pasir putih dan pemandangan yang luas karena pantai ini memang memiliki tepian pantai yang panjang maka dari itu diberi nama Pantai Sepanjang.

Sepanjang sendiri memiliki situs sejarah, yaitu Banyusepuh. “Banyu” yaitu air dan “sepuh” yang artinya basuh atau membasuh. Sesuai nama tersebut, tempat yang tadinya adalah mata air itu kerapkali digunakan untuk membasuh maupun memandikan. Konon, penggunanya adalah para wali yang menggunakannya untuk membasuh pusaka. Akan tetapi, saat ini situs ini hanya tinggal sebuah kubangan kering yang tidak terawat yang ditumbuhi oleh tanaman-tanaman liar.

Selain itu juga terdapat bukit karang yang menghiasi pantai sepanjang tersebut. Tak hanya pasir putih dan bukit karang yang menghiasi pantai tersebut. Jika ditengok lebih jeli, saat laut surut kita bisa melihat batuan karang yang tak beraturan dan menjadi dasar pantai ini. Jika kita mencoba jalan jalan menelusuri pantai ini , kita bisa melihat beberapa binatang laut yang terjebak di kubangan diantara batuan karang saat sedang surut seperti bintang laut, bulu babi, siput laut dan ikan ikan kecil lainnya.

Advertisement

Selain itu, Pantai Sepanjang juga pernah menjadi ajang kompetisi bola volley internasional Lokasi Pantai Sepanjang ini tidaklah jauh dari pantai-pantai populer di Gunungkidul yaitu tepat sebelum Pantai Kukup jika anda dari arah Pantai Baron, area pantai yang luas anda akan merasakan ketenangan dalam menikmati suasana pantai sembari menikmati es degan misalnya. Di sudut pantai ini juga terlihat rumput laut yang menghijau di antara pasir dan batu karang. Rumput laut tersebut biasanya diambil oleh warga sekitar yang kemudian diolah menjadi jajanan yang siap ditawarkan kepada pengunjung pantai sepanjang ini.

Di sepanjang pantai terdapat gubug-gubug yang menyediakan berbagai makanan dan minuman yang dapat menemani kita berwisata di pantai ini. Kita bisa duduk dan ngobrol bersama teman di tempat duduk yang telah disediakan. Sejuknya hembusan udara pantai ditemani dengan beberapa makanan merupakan hal yang menyenangkan untuk menunggu tenggelamnya matahari di ujung laut.

Jika anda ingin membeli buah tangan, anda tidak perlu khawatir. Beberapa penduduk yang bertempat beberapa kilometer dari pantai menjual kerajinan tangan dengan bahan dasar cangkang kerang-kerangan yang nantinya dipasarkan oleh para penduduk di sekitar pantai ini. Kerajinan yang dibuat cukup bervariasi, mulai dari bentuk orang-orangan, kereta kencana, jepitan, barong, dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok terbilang murah. Walaupun murah, bukan berarti kualitasnya rendah.

Rugi kalau kita tidak mampir ke sana, bukan hanya keadaan pantainya, tapi dengan pasir putihnya yang mirip dengan pantai yang ada di Bali. Di sana kita juga bisa bermain dengan ikan-ikan kecil, dan masih banyak yang dapat kita lakukan. Kita bisa bersantai bareng keluarga dengan menikmati acara yang di lakukan di pantai.