Waktu adalah hal yang paling mahal jika waktu dapat dibeli. Aku, kamu, dia dan mereka tidak tahu seberapa banyak waktu yang kita miliki. Bagi sebagian orang 24 jam merupakan waktu yang sangat singkat dalam satu hari, namun bagi sebagian orang lagi 24 jam merupakan waktu yang sangat panjang dan sangat lama untuk dihabiskan. Waktu yang mengajarkan kita untuk dapat lebih bertanggung jawab dan membimbing kita menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menggunakan waktu.

Di pinggir pantai terdapat dua orang pemuda yang sedang menikmati indahnya suasana sore saat matahari mulai terbenam. Seorang pemuda berjalan ke arah Barat dan pemuda lainnya berjalan ke arah Timur. Jejak langkah kaki kedua pemuda ini meninggalkan tanda pada pasir pantai yang begitu basah akibat air laut yang menepi.

Kedua pemuda ini hanyut dalam pikiran mereka masing-masing, teringat akan memori indah yang pernah dilalui pada masa yang lalu, saat mereka masih dapat tertawa lepas, bercerita bebas, merajut mimpi dan cita-cita, berbincang akan masa depan hingga tiba suatu titik yang mengubah memori indah itu.

Seorang pemuda tersenyum dan mengangkat telpon genggamnya "ttuut..ttutt…Halo, dengan Rizka?". "Hmm.. iya benar, ini dengan siapa?".."Ini aku Reino, Riz. Maafin sikap aku waktu itu ya" "Iya, aku sudah maafin kamu kok" dan perbincanganpun terus berlanjut dan diiringi oleh tawa yang begitu riang.

Sementara di sisi lain seorang pemuda yang terus berjalan ke arah Timur tak tahu harus berbuat apa, hanya berhenti sesaat dan memandang gulungan ombak yang menerpa karang. Tanpa sadar ia meneriakkan berbagai caci dan makian kekecewaan akan persahabatan yang ia alami ditengah derasnya arus dan deru ombak. Berbagai beban yang selama ini dia simpan, dia keluarkan semua dalam senja yang semakin redup.

Advertisement

Ya, waktu memang sangat berharga, terkadang kita ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki semua kesalahan kita, namun saat kita tersadar kita hanya sedang terdiam pada masa ini tidak bisa mundur namun tetap harus melangkah ke depan. Gunakanlah masa lalu sebagai guru terbaik yang akan mengajarkan dan membimbing kita untuk dapat melangkah dan menjalani hari-hari yang penuh harapan di masa yang akan datang.