Kita pasti pernah merasakan penyesalan dalam hidup kita. apakah itu penyesalan karena pernah melakukan sesuatu atau penyesalan karena tidak melakukan sesuatu. Penyesalan yang terbesar yang akan menimpa kita adalah penyesalan yang datang ketika kita mau menutup usia.

Ketika kita tidak bisa lagi melakukan apa-apa, saat itulah kita berharap pada suatu waktu dahulu kita harusnya melakukan 'apa-apa'. Bronnie Ware, mantan penyanyi dan selanjutnya menghabiskan sisa waktunya menjadi seorang perawat, menulis sebuah buku yang berjudul "The Top Five Regrets of Dying" (Lima penyesalan terbesar ketika sekarat)

Ketika berhubungan dengan pasiennya, Bronnie bertanya pada mereka apa penyesalan yang mereka rasakan saat itu, dan jika saja waktu bisa diputar kembali, apa yang akan mereka lakukan. Ada banyak orang dan ada banyak jawaban yang di dapatkan Bronni atas pertanyaannya ini. Bronnie menyimpulkan, ada 5 penyesalan yang terbesar yang diungkapkan oleh pasiennya :

1. Coba dulu saya punya keberanian hidup seperti yang saya kehendaki

You Only Live Once (YOLO)

Advertisement

Kita diberikan kehidupan satu kali di dunia ini, (kecuali kamu penganut paham reinkarnasi). Walaupun kita hidup dikelilingi oleh orang yang kita kenal, teman, serta keluarga yang menuntun sesuatu dari kita, setidaknya sempatkan lah melakukan apa yang kamu sukai. Akan lebih baik jika kamu bisa membuat orang lain menerima kamu melakukan apa yang kamu sukai.

2. Coba dulu saya tidak bekerja terlalu keras

Ada banyak orang yang menyuruh kita untuk menjadi sukses dalam karir dengan cara bekerja lebih keras dan bekerja lebih cerdas. Mungkin sebelum kita bekerja keras, kita harus memahami dulu apa tujuan kita bekerja keras. Jika kita bekerja keras untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup, apakah itu untuk membuat kita bahagia, teman bahagia, keluarga atau pasangan yang bahagia,

Ingatlah bahwa kerja keras bukanlah satu-satunya cara untuk membahagiakan mereka. Ketika kita bekerja lebih keras, ada banyak hal yang kita lewatkan dalam hidup ini. Salah satu yang kita lewatkan adalah waktu. Uang atau harta benda yang kita berikan pada orang yang kita sayangi bisa didapatkannya dari orang lain. Tapi, waktu yang kita berikan kepada mereka, tidak akan bisa digantikan oleh siapapun, karena waktu kita adalah miliki kita saja.

3. Coba dulu saya memiliki keberanian menyampaikan seluruh perasaan saya

Jangan biarkan persaan yang terpendam dalam dirimu. Apakah itu perasaan suka, maupun perasaan tidak suka. sampaikan segera mungkin, dan jangan tunggu sampai kesempatan itu menghilang.

4. Coba dulu saya tetap membina hubungan dengan teman-teman

Jangan biarkan kesepian menemanimu. Pastikan engkau slalu dekat dengan teman-teman mu. Jangan hanya sibuk menghabiskan waktumu dengan kesibukan mu sendiri. Bahagiakan dirimu dengan tetap berhubungan dengan teman-teman mu. Tanya kabar mereka saat ini juga. Dengan membuat mereka bahagia maka kebahagiaan akan datang padamu jua.

5. Coba dulu saya membuat hidup saya lebih bahagia

Tanyakanlah pada dirimu sendiri. Apakah yang sedang engkau lakukan sekarang membuat dirimu bahagia. Apakah dirimu yang dahulu bahagia melihat apa yang engkau dapatkan sekarang. Dan apakah dengan keadaan sekarang engkau akan tetap bahagia nantinya. Belum terlambat untuk berubah, belum terlambat untuk memperbaiki diri. Pastikan setiap tindakan dan setiap langkah perubahan yang engkau kerjakan membuat engkau bahagia.

Kita memang tidak tahu kapan pastinya kita akan mati, akan tetapi kita pasti mati. Jangan biarkan ketika kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi, penyesalan itu datang. Hidup ini adalah tempat belajar dan meninggalkan pelajaran. mari kita belajar dari pengalaman orang yang terdahulu.

Mungkin mereka merasakan penyesalan yang besar di akhir hidup mereka. Jadikan itu pelajaran buat kita, agar kita tidak menyesal di akhir hidup kita. Periksa lagi kehidupan yang sedang kita jalani, apakah itu mengantar kita pada kebahagiaan di akhir hidup, atau mengantar kita pada penyesalan.