Hai sobat, tulisan ini saya rasa perlu untuk dibagi dan tidak ada kata terlambat untuk berbagi, tidak bermaksud untuk mendzalimi atau mengkritik siapapun, mungkin saja kita memiliki pikiran yang selaras, mengingat betapa pentingnya merubah kebiasaan buruk kita dan sikap menghargai bangsa sendiri dengan cara yang sederhana tapi tanpa sadar sering kita abaikan.

Pastinya kalian pernah mendapatkan atau menyimpan uang kertas yang sudah sangat lusuh bahkan robek atau dipenuhi coret coretan hingga uang kertas itu tak berupa, sehingga kita rasa mungkin sudah tidak layak untuk membelanjakannya ketika kalian ingin membeli sesuatu atau mungkin kalian merasa malu dan kesal mengapa ada uang kertas itu bisa sampai selecek itu.

Apakah kalian tahu kalau uang kertas rupiah kita memilik desain yang unik dan spesifik?

Apa kalian tahu kalau mata uang Indonesia diakui sebagai mata uang dengan desain terbaik oleh dunia meskipun nilainya tak sebanding dengan dollar? Desain yang spesifik sehingga sulit untuk dipalsukan. Sepanjang sejarah rupanya uang kertas Indonesia memiliki 10 desain uang terbaik. Salah satu desain yang paling terbaik uang kertas yang dimiliki Indonesia terdapat pada tahun 1975 dengan nilai 10.000 rupiah. Gambar yang terdapat di dalamnya pun memiliki kekhasan negara sendiri seperti gambar para tokoh-tokoh penting, para pahlawan, tempat wisata alam Indonesia, dan budaya unik Indonesia. Sudah sepantasnya kita bangga dengan hal ini bukan?

Nilainya memang kecil, tapi tak sepantasnya kalian juga memperlakukan uang kertas seperti meronyok-ronyokkannya

Perlu kalian ketahui, kebiasaan buruk kita memperlakukan uang kertas seperti itu merupakan cerminan dari bangsa ini. Bagaimana bangsa ini ingin dihargai jika masyarakatnya sendiri juga tidak menghargainya, ini bahkan memang sering kita abaikan walaupun terlihat sepele tapi berdampak pada pandangan bangsa lain melihat kondisi uang kertas Indonesia seburuk ini. Memang sangat memperihatinkan.

Advertisement

Meskipun tak sebanding nilainya dengan dollar dan di era modern yang terlampau canggih sehingga orang-orang kebanyakan melakukan transaksi secara online atau via atm, tetapi uang kertas rupiah masih memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu transaksi dan disamping itu memiliki kebanggaan dan keunikan tersendiri yang diakui oleh dunia, kekhasan desainnya merupakan hal yang patut kita puji, lihat saja gambar-gambarnya yang unik tersirat budaya dan sejarah Indonesia yang mungkin kita belum tahu, sebab uang kertas suatu negara haruslah memiliki kekhasan suatu negara.

Ayo guys, kita sama-sama mengkampanyekan kebiasaan memperlakukan uang kertas Indonesia dengan layak, mencontohkan dan berbagi info kepada orang-orang disekitarmu. Ini bukan masalah mempertuhankan uang, tapi ini tentang bagaimana pencerminan dan jati diri bangsa kita Indonesia.

“Berhenti budayakan kebiasaan buruk, mari kita sama-sama memulai kebiasaan baik dari hal yang sederhana namun berdampak besar”