Saya menyukai kata-kata Pablo Picasso, yang berbunyi:

"Dia selalu melakukan apa yang tak bisa dia lakukan, dengan begitu dia belajar bagaimana melakukannya."

Ya, itulah inti dari menjadi seorang pengusaha.

Cara terbaik untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan cara mempelajarinya dari sepeda.

Jika kamu ingin bisa mengendarai sepeda, belajarlah di jalan, kendarailah!

Kamu tidak bisa belajar mengendarai sepeda dengan membaca buku, panduan, majalah, atau jurnal. Kamu bisa belajar semua hal mengenai sepeda, tapi mengendarainya adalah cara terbaik untuk belajar dan mengendalikannya. Kamu jatuh, bangun dan mencoba lagi. Kamu dapat memasang dua roda tambahan supaya terbiasa mengayuh dan menyeimbangkan sepeda — jika waktunya tiba, lepas roda tambahannya, dan kendarailah sepedamu!

Advertisement

Seperti bersepeda, kewiraswastaan memiliki pola yang sama. Kamu belajar dengan tekun di kampus, belajar semua hal mengenai bisnis dan wirausaha. Atau, kamu tidak kuliah, tapi belajar melalui seminar, dan membaca banyak buku wirausaha. Semua penting, tapi bukan itulah yang terpenting.

Apa hal paling penting dalam wirausaha? Belajar dengan cara melakukannya. Seperti cerita mengenai belajar mengendarai sepeda tadi.

Terdapat beberapa fakta yang harus kamu ketahui untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses:

1. Kamu tidak bisa menjadi kaya raya tanpa melakukan apa-apa — mulailah berbisnis sekarang..

2. Kamu harus mau gagal untuk sukses — seperti halnya belajar bersepeda saat pertama kali.

3. Kamu bisa memiliki 'roda tambahan', seperti guru pribadi, pelatih, dan ahli-ahli lain di bidang usaha untuk membantumu agar tidak jatuh terlalu sering. Ketika saatnya tiba, kamu akan mampu melakukannya sendiri.

4. Suatu saat nanti kamu pasti akan mengalami penolakan — penjual yang hebat selalu mengalami penolakan berkali-kali. Seorang penjual hebat lahir dari penolakan, dan penolakan itu akan membuatmu lebih kuat dan lebih cerdik dalam menghadapi kesempatan.

5. Meskipun ingin, kamu tidak mendapat keistimewaan — kecuali kamu adalah anggota keluarga Semel, pemilik Yahoo! Kamu harus bekerja keras untuk membangun bisnis dan menjadi pengusaha sukses.

Belajar dengan cara mempraktikkan akan menjadikanmu orang yang sukses dan tangguh.