Awal 2016 punya rencana kemana? Kalo yang sudah biasa jalan or do traveling pasti udah punya destinasi kemana mau menghabiskan liburan atau cuti di 2016, baik dihabiskan masa libur atau cuti bareng keluarga, teman, pacar, suami, isteri atau pasangan terlarang nya, hehehe…

Lha, kamu yang memang gak hobby jalan, tapi suka iri liat foto teman-teman yg selalu upload foto hasil jalan-jalannya dialbum mereka yang berjudul "My Life My Adventure" itu, pasti pengen juga dong punya foto walaupun cuma satu dua foto untuk digantikan sebagai foto profil diakun kamu, yang berlatarbelakang pulau, pantai, atau sesuatu yang khas dari daerah tertentu.

Gampang kok…

Kita mulai dari budget. Kemana pun dan tempat wisata apapun, kita bisa pergi, asal kita punya duit or money. Kalo kamu punya budget di bawah 5 juta, berarti kamu memang harus bersabar, nabung dulu untuk bisa pergi ke tempat wisata yang lokasi nya jauh bolak-ik nya berat di ongkos atau pakai pesawat segala. Tetapi kalau memang gak mau bersabar, putar stir destinasi kamu ke tempat wisata yang masih dalam kota atau di kota lain tapi masih satu daratan. Misalnya masih satu pulau jawa, masih satu pulau flores, dll. Karena sebenarnya ada kok, bahkan masih banyak tempat wisata di sekitar kamu yang belum terEXPLORE dan terEXPOSE dengan baik. Atau bisa jadi, kamu bisa jadi PENEMU pertama suatu tempat yang indah yang belum diketahui banyak orang dan teman kamu, asikkan kalau misalnya kamu upload foto kamu, dan teman-teman yang biasanya hobby traveling, tapi komennya "Dimana tuh? Mau dong kesitu…" hayo!

Selain budget, semua alat pendukung kamu buat Explore dan Expose harus sudah ready. Karena berapa pun budget kamu, udah sampai diluar negeri sekali pun, di tempat paling indah kayak surga pun (udah liat surga belom?!) tapi handphone or camera dalam posisi lowbat, ya podo wae… mending kamu tidur di rumah aja, kalo gak berhasil mengabadikan perjalanan kamu.

Advertisement

Dan selain 2 hal tadi, budget dan alat tempur, kamu juga harus yakini diri kamu, kalau kamu itu dalam keadaan yang sehat, gak sakit, gak nyusahin teman perjalanan kamu. Karena sepanjang kamu sehat aja, namanya traveling itu prosesnya butuh tenaga, apalagi kalo kamu sampe memilih objek wisata yang butuh tracking, gak asik dong kalau kamu hanya jadi beban teman seperjalanan kamu, selain itu perjalanan jadi terhambat dan melambat kalau sampe anggota tim ada yang sakit. Perhatian nih buat yang mau ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca, para cewek harus yakin bahwa kamu sudah selesai Haid or M. Soalnya tim kamu bakal dilarang masuk gara-gara kamu lagi jadi sumber penciuman empuknya para komodo. Hehehehe.

Well, traveling itu gak harus yang jauh lokasinya dan gak harus mahal, pinter-pinter aja kamu ngatur, yang penting bisa dapat moment bagus buat diabadikan sebagai foto profil kamu, tentunya dengan wajah yang ceria, sehat, bugar, gak lemes, biar cantik dan gantengnya terpancar bahwa kamu adalah TRAVELER SEJATI. Have a nice journey…