Satu pertanyaan yang cukup menggelitik bagi kami-kami para pelari salah satunya adalah “kenapa sih kamu kok lari-lari terus? Gak capek gitu?”

Terkadang begitu banyak celetukan teman-teman di sekitar yang mungkin sedikit lelah melihat aktivitas kita dalam hal berlari.

Memang, berlari adalah salah satu hal yang cukup melelahkan sekaligus membahagiakan.

Untuk teman-teman yang memang kurang suka terlalu berolahraga atau memang agak malas beranjak untuk melakukan kegiatan olahraga, kali ini saya ingin sedikit berbagi tips untuk memulai berolahraga, terutama berlari.

Munculkanlah Niat

Untuk memulai sesuatu yang baru atau bahkan sama sekali tidak kita sukai memang agak sedikit sulit. Niat lah yang membangunkan semuanya dan membuat semuanya bisa terjadi dan dijalani. Mulailah dengan niat untuk hidup lebih sehat dan bahagia. Bangunlah sedikit lebih pagi, bersiap-siap, lalu memulai berolahraga. Bisa diawali dengan jalan santai lalu berlari. Bila diawali dengan niat yang baik, pasti tekad kita akan terlaksana.

Meluangkan Waktu

Advertisement

Dengan berbagai kesibukan yang kalian punya, meluangkan waktu untuk berolahraga adalah salah satu hal yang cukup berat. Harus bangun sedikit lebih pagi, segera bersiap ke kantor atau kuliah. Pulang kantor atau kuliah kita pasti lebih memilih untuk beristirahat atau tidur.

Di sinilah komitmen kita diuji. Luangkanlah waktumu sejenak untuk berolahraga, berlari sebelum berangkat ke kantor atau kuliah bisa meningkatkan semangat kita di hari itu. Juga berlari setelah pulang kantor atau kuliah bisa me-refresh otak kamu setelah seharian jenuh beraktifitas. Patut dicoba.

Membuat Pengingat atau Reminder

Untuk melakukan sesuatu (terutama berolahraga – berlari) secara konsisten, kadang-kadang butuh sebuah pengingat atau reminder agar niatmu bisa terlaksana. Kita bisa membuat pengingat atau reminder untuk mengingatkan akan niat dan konsistensimu dalam berolahraga – berlari. Buat alarm untuk bangun sedikit lebih pagi, misal setelah solat subuh (walaupun prakteknya agak susah, sih) dan sore hari sepulang kantor atau kerja. Kamu juga bisa membuat reminder hidup alias saling mengingatkan dengan temanmu untuk tetap konsisten berlari kapanpun itu.

Berlari Dimulai dengan Jarak Pendek

Bagi teman-teman yang belum terbiasa berlari atau bahkan baru memulai untuk berlari, tidak perlu muluk-muluk untuk berlari langsung dengan jarak yang jauh. Berlarilah 2 atau 3 kilometer terlebih dahulu. Dengan pace santai, tidak perlu terburu-buru. Jika nanti sudah terbiasa dan tubuh sudah mulai menyesuaikan dengan ritme berlari, otomatis tubuh memberi alarm untuk meminta jarak yang agak jauh dari biasanya.

Mengikuti Komunitas Berlari

Berlari bersama-sama memang lebih menyenangkan ketimbang berlari sendirian. Salah satu cara mengatasi kebosanan berlari sendiri adalah dengan cara mengikuti komunitas lari yang ada di sekitar kota kalian. Di kota-kota besar bahkan di kota kecil sudah banyak komunitas lari yang dapat memfasilitasi kegiatan dan hobi berlari kalian. Dengan mengikuti komunitas lari juga kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan sharing mengenai kegiatan berlari.

Carilah Running Buddy-mu

Salah satu cara yang bisa membuat lebih bersemangat berlari adalah mencari running buddy. Apa itu running buddy? Running buddy adalah teman yang bisa menemani kamu selama berlari yang artinya teman lari kita, memiliki satu pace atau memiliki kecepatan yang sama dengan ritme lari kita.

Running buddy sangat berguna sekali untuk memberikan semangat di saat kondisi larimu sedang menurun atau down. Di saat sedang tidak bersemangat dalam lelarian pun running buddy-mu bisa meningkatkan semangat kembali untuk memulai berlari.

Berlarilah di Track Lari, Jalanan Kota, dan Hutan

Berlari bisa dilakukan di beberapa tempat. Berlari bisa dilakukan di track khusus untuk berlari. Bisa juga dilakukan di Jalanan kota dengan memperhitungkan rute yang aman, nyaman, dan tidak terlalu ramai. Selain itu kalian juga bisa melakukan berlari di hutan atau trail run. Gantilah rute berlari kalian, untuk me-refresh dan mendapatkan suasana baru.

Ketiga track ini memiliki kenikmatan tersendiri di saat melewatinya. Terkadang berlari di track agak sedikit membosankan, berlarilah di jalanan oota, dan jika sudah terlalu penat berlari di jalanan kota berlarilah di hutan sambil menikmati suara alam yang sangat alami. Pilihlah track lari sesuai kebutuhan kalian.

Sesekali Ikutilah Event Lari

Setelah rutin melakukan olahraga – berlari, cobalah suasana baru dengan mengikuti event-event lari yang banyak di gelar di kota-kota besar. Banyak event lari yang diadakan, mulai dari Fun Run 5-10K sampai Ultra Run 100K. Walaupun harus merogoh sedikit kocek untuk membeli slot lari, akan ada sedikit pengalaman baru yang didapatkan. Biasanya sebuah event lari Fun Run 5-10k menarifkan kurang lebih Rp 100.000 – 150.000. Fasilitas yang didapatkan biasanya adalah sebuah racepack dengan isi race tee, dan voucher-voucher dari sponsor. Dan diakhir lelarian setelah finish kalian akan mendapatkan medali, bentuk penghargaan telah menyelesaikan lelarian tersebut.

”Mulailah semuanya dari diri sendiri, bukan hanya euforia semata agar bisa setara dengan orang-orang yang telah terlebih dahulu melakukannya.”

“Berolahraga / berlari adalah sebuah kepuasan tersendiri untuk diri sendiri. Semua manfaat pada akhirnya akan kita rasakan dengan sendiri.”

“Berolahraga / berlari adalah sebuah bagian yang dapat menyatukan kebersamaan dengan kawan lari lainnya.”

“Berlarilah dengan hati, untuk diri dan tetap rendah hati walau ratusan ribu Kilometer sudah bisa dilalui.”

Salam.

#marilari