Memang hidup ini bukan hanya berbicara soal cinta, namun tanpa cinta apakah engkau ada? Tanpa cinta bagaimana kau bisa mengenal sang pencipta? Bagiku semua hal diduania ini terlahir karena cinta. Memang cinta bukan hanyar membicarakan dua insan manusia saja, cinta itu luas, cinta hamba dengan sang pencipta, cinta anak dengan orangtuanya, yang pasti cinta akan membuat gurat senyum lahir dengan tulus. Dengan cinta hidup kamu akan lebih berwarna melebihi warna pelangi yang tersusun rapi di bawah langit biru muda.

Tahun 2011 terakhir kau jalin hubungan cinta, 4 tahun bukanlah waktu yang sebentar menyandang status sendiri tanpa calon istri, tidak adakah kejenuhan di hatimu? Apakah tidak ada keingan melihat canda tawa anak kecil yang istrimu lahirkan? Cobalah kau renungkan. Kecemasan yang berlebihan untuk memulai sesuatu menjadi alasan terbesar kamu menahan hati untuk tidak jatuh cinta lagi, aku rasa sejak 2011 tak mungkin kamu tak merasakan jatuh cinta hanya kamu menahan segala rasa, ditahan oleh rasa cemas sehingga hati tak mau memulai cerita baru. Kelak pasti akan ada seseorang yang bisa membuat kecemasanmu menguap, layaknya air menguap menjadi awan hingga menjadi hujan dan memberikan penghidupan untuk alam semesta.

Kecemasan itu hanyalah sugesti negatif yang sudah lama tertanam dalam pikiran yang kamu biarkan berkembang biak serta beranak pinak. Hidup akan berjalan sesuai prasangka umatnya bila prasangka buruk maka akan jadi buruk begitu juga sebaliknya. Tiuplah kecemasanmu dan gantilah dengan ke optimisan, bahkan saat kamu mendapatkan cerita yang menyakitkanpun itu terasa sangat menyenangkan karena merasakan kehiduan yang luar biasa, aku yang sudah pernah merasakan luka yang sangat dalam saja, tak pernah cemas menjalin hubungan baru, aku tetap membuka hati untuk jatuh cinta, karena buat apa kita mencemaskan sesuatu hal di dunia ini bukankah semua berjalan atas ijin Allah? Semua pasti akan baik-baik saja kok, percayalah.

Kakak seniorku semoga tulisan ini bisa menepis kecemasanmu untuk memulai hidup penuh warna dengan cinta, sebuah tulisan sederhana dengan kalimat sederhana tanpa analogi sulit dan majas yang indah