Asuransi berasal dari bahasa inggris ‘insurance’ yang artinya pertanggungan. Asuransi perjalanan adalah perjanjian antara dua pihak. Pihak pertama berkewajiban untuk membayar iuran yang disebut dengan premi sementara pihak kedua wajib memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa diri atau barang milik pihak pertama ketika sedang dalam perjalanan (liburan, bisnis, dll) sesuai perjanjian yang dibuat dan disetujui.

Stres dengan pekerjaan kamu? Butuh waktu untuk liburan bersama rekan, teman kantor, pasangan, atau keluarga kamu? Tunggu apalagi! Segerakanlah lakukan liburan bersama orang yang kamu cintai agar stress kamu hilang. kamu dapat melakukan liburan berupa perjalanan antarnegara atau mungkin antar pulau di dalam negeri.

Namun, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama kamu melakukan perjalanan. Pertama kamu harus mempersiapkan biayanya, mempersiapkan akomodasi perjalanannya, mempersiapkan barang-barang yang dibawa, mempersiapkan passport atau dokumen penting sebagai penunjang apabila kamu akan melakukan perjalanan diluar negeri. Kedua, tentunya kamu harus mempersiapkan asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan atau travel insurance dapat menjadi jaminan kamu ketika kamu bepergian jarak jauh maupun jarak dekat. Tentunya kamu harus memikirkan beberapa hal yang tidak dapat diduga misalnya kecelakaan, cedera, kematian, kehilangan dokumen, kehilangan dompet, kehilangan bagasi, penerbangan delay, dan hal-hal lainnya dalam perjalanan.

Jika kamu mengalami kematian misalkan dalam perjalanan kamu, apabila kamu sudah mempunyai asuransi perjalanan, tentunya jenazah kamu akan dipulangkan dan biaya yang berkaitannya tentu ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.

Advertisement

Artikel kali ini akan membahas hal-hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa kamu membutuhkan asuransi perjalanan. Berikut informasinya,

1. Biaya pengobatan tidak ada yang gratis. Bayangkan jika kamu mengalami cedera atau sakit dalam waktu yang tidak tentu pada perjalanan kamu. Bayangan ketika kamu mengalami kecelakaan di negara orang, tentunya kamu harus membayar perawatan medis.

Untuk mengantisipasinya dan menghemat uang kamu, kamu dapat membeli produk asuransi perjalanan sehingga ketika terjadi hal-hal tersebut kamu tidak perlu berpikir tentang biaya dan akomodasinya, kamu tinggal memberikan surat keterangan asuransi pada pihak rumah sakit, kemudian kamu akan mendapat pengobatan secara gratis.

Namun, perlu diperhatikan tidak semua perusahaan asuransi dapat dikenali oleh rumah sakit luar negeri, oleh karena itu kamu harus selektif memilih perusahaan asuransi untuk perjalanan kamu. Selain biaya pengobatan, biasanya beberapa asuransi juga menawarkan jaminan tambahan misalnya obat-obatan dan akomodasi perjalanan dari tempat kecelakaan ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans.

2. kamu tidak perlu khawatir atas kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, kehilangan dokumen penting. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, tentunya kamu akan mendapat perlindungan terhadap hal-hal tersebut. Pihak asuransi selama 24 jam akan membantu kamu dalam mengatasi hal-hal tersebut.

Travel insurance juga dapat mengatasi apabila ada pembatalan perjalanan ke tujuan wisata kamu sehingga banyak sekali para pelancong yang mungkin terdampar di airport.

3. Banyak jenis asuransi perjalanan yang dapat kamu pilih, diantaranya asuransi perjalanan tahunan. Jenis asuransi ini tentunya cocok bagi kamu dan keluarga yang sering pergi liburan, cocok juga bagi kamu yang sering bepergian atau melakukan perjalanan bersama rekan kerja kamu. kamu dapat memilih jenis-jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Itulah beberapa alasan yang mungkin harus kamu pertimbangkan mengapa kamu membutuhkan asuransi perjalanan. Oleh karena itu janganlah ragu untuk mengasuransikan diri kamu selama perjalanan. Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu semua!