Emosi yang meluap-luap karena cinta sejatinya merupakan sebuah dilema yang terkadang membuat kita menjadi tak terarah saat sedang dilanda jatuh cinta. Terlebih lagi dia yang kita cintai pastinya akan terlihat begitu sempurna dan bahkan tidak ada kurangnya sama sekali.

Sebenarnya emosi adalah bagian dari dalam diri kita yang sudah mutlak ada di dalam diri seorang manusia, nah sekarang bagaimana cara kita untuk mengontrolnya khususnya untuk menstabilkan cinta yang ada di dalam diri kita agar selalu bermakna positif dalam keseharian.

Emosi yang melekat pada diri kamu sebenarnya dapat dikendalikan sesuai dengan keinginan dengan beberapa kebiasaan baik kamu dapat melakukan hal ini.

Jangan biarkan dirimu terpaku pada asmara

Dunia tak melulu soal asmara karena lingkunganmu tak melulu soal dia dan dia, dia hanya sebagai penyempurna hidupmu. Jalani saja hidupmu penuh dengan rasa tantangan akan hari esok yang tentunya masih rahasia, jika sedang teringat, emosi akan makin sulit dikendalikan jika si dia terus melayang di kepala dan membuat kamu semakin tak tentu arah. Jadi, kalau pikiran seperti itu muncul, alihkan arahnya. Buat diri kamu sibuk dengan aktifitas, taruhlah pikiran tersebut kadang muncul tak tertahan, tetapi jangan berkubang di situ. Bangunlah.

Karena sejatinya cinta tidak datang untuk membuat hidupmu tertahan dan tak bisa mengeksplore apa yang ada namun dengan cinta seharusnya hidupmu bisa lebih terarah dan bukan malah anda yang diarahkan oleh cinta.

Biarkan dirimu menemukan siapa dirimu yang sebenarnya

Advertisement

Terkadang karena masih banyaknya orang-orang labil di luar sana, kamu malah ikutan labil dan malah terpengaruh dan tidak bisa mengontrol dirimu yang sebenarnya, jika yang kamu ikuti baik itu hal positif namun bila sebaliknya, kamu akan dapat masalah yang berlipat lipat di samping emosimu masih tak terarah. Jangan buat lingkungan yang ada malah membuatmu makin tak terarah tapi yakinkan dirimu sendiri bagaimana cara yang terbaik untuk menemukan dirimu yang sejati. Buat hal – hal positif dalam dirimu menjadi tolak ukur akan keberhasilan pencapaianmu karena hanya dirimu seorang yang mampu menilai seberapa cukup dan kurang dari setiap apa yang telah kau lakukan.

Buatlah senyuman untuk membuat harimu lebih bahagia

Sekiranya mudah diterima bahwa pikiran kita mengendalikan tubuh. Saat merasa bahagia kita tersenyum dan saat sedih kita menangis, terkadang semua hal itu saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Namun kadang tidak sesederhana itu. Koneksi antara pikiran dan tubuh ternyata berjalan dua arah, mereka menghasilkan hubungan timbal balik yang kadang kamu tak sadar.

Jika kamu ingin membuat pikiran merasakan sesuatu, beri isyarat kepada badan. Jika tersenyum, kmau akan merasa lebih bahagia, lebih mudah dibawa tertawa, dan pikiran akan mudah kamu kontrol untuk melakukan hal – hal yang ingin kamu lakukan, membuat kamu merasa lebih nyaman. Segala macam pikiran tentang orang lain. Khususnya untuk cinta yang kamu rasakan, buat dia mendapatkan senyuman tulusmu dan rasakan kebahagiaan senyuman yang telah engkau sampikan padanya.

Biarkan tumbuh secara alami dan tanpa hambatan

Terkadang orang begitu termakan kompleksitasnya sendiri sampai berusaha mencocokkan realita dengan definisi pribadi tentang bagaimana seharusnya hidup atau cinta. Mereka bilang “aku cinta kamu” tapi apakah tidak terlalu cepat, menikah terlalu cepat, atau bahkan mengakhiri segalanya terlalu cepat. Sempatkan waktu untuk mengenali diri sendiri, perilaku apa yang ingin kamu lakukan, dan kenapa bisa begitu. Jangan terburu – buru dalam melakukan segala sesuatu pelajari dan simpulkan dari setiap apa yang terjadi sehingga kamu akan dapat lebih menghargai setiap hal yang ada. Apakah kamu benar-benar mencintai dia, atau hanya ingin mendengar seseorang mengatakan “aku cinta kamu” di telingamu. Karena jika cinta yang kau rasakan saat ini adalah sebuah ketulusan cinta yang sebenarnya, dirimu akan lebih merasakan apa itu arti dari hidup dengan cinta yang bermakna. Setiap cinta tidak akan mengekang satu sama lain tapi sama sama membangun agar terjalin sebuah hubungan yang selaras dan harmonis.

Pikirkan hal – hal positif

Pikiran memang salah faktor utama yang akan membuat kita bisa berubah secara drastis di waktu yang sama, jagalah pikiran kamu agar tetap positif karena pikiran positif adalah awal dari kehidupan yang positif. Lain hal nya jika pikiranmu berisi pikiran pikiran negatif maka kamu akan selalu melihat keindahan hidup sebagai penderitaan. Jika pikiranmu selalu positif, maka kamu akan melihat segala musibah sebagai kenikmatan. Ubahlah pikiranmu, pikirkan hal yang positif terus menerus, sampai kamu terbiasa untuk melihat hal-hal yang positif. Dengan kamu mengontrol pikiranmu secara langsung dan tidak sadar kamu akan mulai menikmati hidup yang penuh dengan cinta.