Terkadang setiap orang menganggap bahwa kamu lebih egosi daripadanya saat ada perselisihan. Tapi ingatlah, orang mau berkata apapun tentang dirimu itu kan hanya penilaian di luar dirimu saja. Yang bisa mengerti dan memahi hanya dirimu saja. Saat ada seseorang berkata buruk tentang dirimu katakan pada hati mu" Ini hidup ku" karena yang menciptakan kenyaman hanya pada dirimu saja.

Banyak panggung sandiwara yang harus kamu lewati bukan hanya berada di dalam lingkungan sekolah maupun di kampus. Dimanapun kamu berada pasti ada aja topeng yang menyamar kebaikan supaya kamu percaya dan yakin bahwa perkataan orang itu benar tapi ingatlah kamu harus berhati-hati "kenali mana musuhmu".

Sahabat yang baik hatinya pasti tau tentang keadaanmu, dia akan memberikan arahan hidup yang baik padamu. Terkadang memang ada masalah yang membuat persahabatan kalian renggang itu karena ada perselisihan yang sewaktu-waktu datang dalam kehidupan (seperti Bom yang meledak).

Cara supaya tidak membuat buruk keadaan persahabatan kalian lebih baik menghindarinya untuk bertemu sementara waktu. Biarkanlah waktu yang menjawab maksud dari dirimu menghindari sahabatmu. Jika waktu tak memberikan harapan baik tentang persahabatan kalian anggap saja ini cobaan yang harus kalian lewati tanpa bersama sahabat mu lagi. Sebenarnya kita terlahir sendiri-sendiri, jadi kita tak bisa bersandar kepada orang lain.

Dengar kata hatimu, mulai perbaiki dirimu menjadi yang terbaik untuk Maha Pencipta kita. Berserahlah kepadaNya dan memohon arah hidup karena tanpaNya kita tak bisa melewati cobaan. Jadilah dirimu jika itu benar, lakukanlah kebebasaan yang bertanggung jawab untuk dirimu kelak. Jika menurutmu, perbuatanmu salah (sudah tak sesuai jalurnya) lihat ke depan jangan menolek kebelakang karena masa lalu akan berlalu jika kamu menjadikan dirimu berharga "esok akan lebih baik".

Advertisement

Tanamkan di dalam hatimu, aku akan menjadi manusia yang bermanfaat buat orang lain. Tempat saat kamu susah untuk berpikir dan ingin menangis, kamu harus berbalik kepada TUHAN dan keluarga mu dari pada Membayangkan kekasih yang menghapus spekulasi perihal kesendirian.