Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari.

Jangan beranggapan bahwa kita tidak membutuhkan kolesterol, zat lemak ini tetap kita butuhkan dan memang sangat penting untuk kehidupan, namun jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah kita, maka dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. Oleh sebab itu selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga harus memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi.

Diet sehat dapat membantu menurunkan keinginan berlebihan terhadap makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat, menjaga kolesterol baik, serta membantu menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Jika Anda sudah menerapkan pola makan dengan makanan bebas kolesterol, maka teruslah pertahankan.

Inilah jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam menjalankan diet ini adalah :

Sumber karbohidrat : Beras (utamanya beras tumbuk atau beras merah), pasta, makaroni, roti tinggi serat, sereal, ubi, kentang.

Advertisement

Sumber protein hewani : Ikan, ayam tanpa kulit, daging kukus, putih telur, susu skim.

Sumber protein nabati : Tempe, tahu, dan kacang-kacangan

Sayuran : semua bentuk sayuran dalam bentuk segar, direbus, dikukus, ditumis dengan menggunakan minyak sayur (olive oil, minyak kedelai, minyak jagung) atau sayuran yang dimasak dengan santan encer.

Buah : semua jenis buah dalam bentuk segar ataupun bentuk jus (sebaiknya menggunakan rasa manis alami dari buah tanpa penambahan gula)

Itulah beberapa makanan yang termasuk ke dalam menu makanan untuk penderita kolesterol. Semoga bermanfaat 🙂