Berawal dari kejadian besar seorang calon pahlawan, hidup dalam keambiguan pikiran yang tiada henti membayangi menjadi menu utama hari ini. Menjadi pahlawan di masa depan bukan hanya mampu bergerak dalam lapangan,tapi visioner dalam teknis dengan mengambil panduan masa lalu yang dianggap sebagai pelajaran.

Ada beberapa hal yang perlu diperbaiki atau istilahnya kita harus masuk dalam tahap recovery seperti di bawah ini :

1.Diri sendiri Kalau ingin sistemnya baik, maka perbaiki dulu diri sendiri. Ini bukanlah rekayasa. Kita harus tahu bahwa sistem akan berpengaruh dari kepribadian kita secara keseluruhan. Buktinya ? Mari kita belajar sejarah. Tidak usah jauh-jauh, lihat negeri kita sendiri. Memaknai kemerdekaan dengan hati nurani membuatnya bergelora dalam berjuang.

2. Sistem Baru dibahas pada opsi pertama. Jika pribadi baik, maka kita dapat mengubah sistem sesuai kepribadian kita. Tapi, harus musyawarah dulu dengan lingkungan. Yang terdiri dari masyarakat sekitar. Kenalkan sistem kita kepada mereka, maka mereka akan banyak bertanya.

Bukan tidak mungkin, adat istiadat perlu kamu pelajari agar sistem yang dibuat sesuai dengan adat istiadat setempat dan tak melenceng darinya. Itulah beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam menuju era baru. Semoga bermanfaat