Seringkali kita berfikir bahwa bekerja adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan uang. Dalam kenyataannya, secara teknis memang iya. Namun apakah kita hanya mendapatkan itu saja? Jika hanya uang yang kita dapatkan, maka sama dengan kita gagal dalam bekerja.

Untuk apalagi kalo bukan uang? Kita juga butuh hidup

Mari kita kaji satu persatu, kenapa kita harus bekerja untuk cari ilmu

Awali dengan niat untuk belajar. Ketika kita hendak bekerja ataupun berwirausaha, langkah yang harus kita lakukan adalah belajar. Dunia kerja adalah dunia dimana kita bertemu banyak orang, banyak permasalahan dan juga banyak hal-hal tak terduga. Dari sini, kita bisa ambil pelajaran tersebut, sebagai pengalaman kedepannya.

Sharinglah dengan teman kerja. Kita hidup di dunia kerja dimana banyak sekali kemajemukan sosial. Langkah yang wajib kita lakukan adalah hadapi itu semua. Berkenalanlah dengan orang-orang baru, dari situ kita akan berbagi pengalaman, dan yang lebih lagi…kita berbagi ilmu.

Advertisement

Risetlah, banyak ilmu di lapangan sana. Riset adalah hal yang wajib kita lakukan. Dengan riset, maka kita akan memahami lebih dalam tentang dunia kerja kita. Buang jauh-jauh sifat ingin serba instan, asal kerja dan lain-lainnya. Karena dalam bekerja, kita tidak bisa main-main. Dan bekerja adalah salah satu penentu masa depan kita.

Passion adalah nyawa. Passion merupakan hal yang tidak bisa kita lepaskan dalam pekerjaan. Passion bukan berarti kita suka atau tidak, senang atau tidak. Tapi bagaimana kita menyikapi pekerjaan kita tersebut. Apabila kita telah enjoy dengan pekerjaan tersebut, maka itu adalah passion kita. Dan karena passion juga, kita bisa mendapatkan ilmu yang banyak.

Jika berniat untuk mencari uang, maka tamatlah anda. Bekerja dengan niat mencari uang, sama saja dengan membunuh diri kita sendiri. Kok bisa demikian? Logika sederhananya, ketika kita bekerja untuk mencari uang, maka kita akan cenderung menghalalkan segala cara, "yang penting dapet duit, yang penting perut kenyang". Mental-mental pencari uang, umumnya akan tumbuh menjadi seorang yang ambisius, dan tanpa disadari akan menjadi jahat. Seperti contoh, Koruptor. Dalam hidup, kita memang berhubungan dengan uang. Namun bukan berarti kita diperbudak uang. Ketika kita mencari uang, maka kita tidak akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, serta ibadah yang baik.

Ikhlas dan tuluslah dalam bekerja. Bekerjalah dengan sepenuh hati, ikhlas, tulus, tanpa pamrih. Dari situ kita akan mendapatkan ilmu yang banyak dan juga manfaat. Ketika kita telah ikhlas, Pengetahuan kita semakin luas, ibadah semakin baik, dan rejeki semakin dicukupkan. Kita juga akan ikhlas dan tulus untuk membagikan ilmu kita, pengalaman kita, kepada orang lain, bahkan keturunan kita kelak.

Win-win solution. Ilmu win-win solution adalah ilmu yang harus diterapkan dalam bekerja. Kita menang, orang lain juga menang. Kita bisa membantu orang lain dalam hal apapun, sehingga mencapai kemenangan bersama. Ketika kita menang bersama, maka kita telah mendapatkan ilmu baru, ibadah yang baru, dan juga rejeki yang baru. Hal ini sudah pasti terjadi. Ketika kita memenangkan orang lain, baik dengan pekerjaan kita, ilmu kita, ataupun finansial kita, maka kita pun akan dimenangkan orang lain dengan cara serupa.

Demikian, ilmu yang bisa saya berikan. Agar kita bisa bekerja lebih baik lagi, lebih banyak ilmunya, hingga akhirnya kita bisa sukses baik secara individu, maupun dalam bersosialisasi. Terima kasih.