Seperti kita ketahui ada banyak sekali bahaya merokok terutama dalam kandungan rokok itu sendiri, namun hal tersebut tidak menyulitkan orang untuk tetap mengkonsumsi rokok tersebut. Hal seperti itu memang tidak dapat dipungkiri karena salah satu kandungan yang ada dalam rokok tersebut adalah candu.

Candu adalah sebuah zat yang membuat orang merasa ketagihan, dan jika tidak menggunakannya dalam beberapa jam maka orang tersebut akan merasa ketagihan. Seseorang baru akan merasa sadar bahaya merokok, ketika salah satu bagian tubuhnya mengalami kerusakan yang cukup parah. Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang mengalami kerusakan akibat rokok

Jantung

Ketika Anda mengkonsumsi rokok, maka organ pertama yang akan menderita kerusakan adalah bagian jantung. Ketika Anda mengkonsumsi rokok, maka ada berbagai macam zat masuk ke dalam tubuh, seperti nikotin, tar, dll. Hal seperti ini tentunya akan membuat kadar oksigen dalam darah berkurang, detak jantung menjadi cepat, tekanan darah naik, cepatnya proses pembekuan darah, dll.

Paru-paru

Ketika Anda mengkonsumsi rokok, maka asap rokok yang ditimbulkan dapat merusak dinding paru-paru, selain itu ketika seseorang merokok, maka sel-sel di dalam paru-paru juga akan mengalami kerusakan. Hal seperti ini tentunya dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti brokhitism emfisema, pneumonia, dll.

Otak

Organ tubuh lainnya yang akan mengalami kerusakan akibat bahaya merokok adalah, otak. Seperti kita ketahui bahwa otak adalah pusat syaraf, dan rokok dapat meningkatkan resiko stroke lebih besar dari pada penyakit lainya. Akibat lain dari rokok adalah aneurima otak, ini adalah pembengkakan pembuluh darah akibat dari lemahnya dinding pembuluh darah. Jika tidak ditangani dengan segera maka pembuluh darah ini dapat pecah sewaktu-waktu dan dapat mengakibatkan pendarahan pada otak.

Mulut dan tenggorokan

Advertisement

Seseorang yang merupakan perokok berat dapat menyebabkan bau mulut, noda pada gigi, dan bibir menghitam. Hal buruk lainya ketika menggunakan rokok dalam jangka waktu yang lama adalah adanya penyakit gusi berdarah, kerusakan pada indra perasa, terjadinya kanker lidah, tenggorokan, bibir bahkan kanker pita suara. Hal seperti itu disebabkan karena kandungan karsiogenik dan juga zat lainnya yang melemahkan sistem imun pada tubuh.

Lambung

Ketika seseorang merokok, maka otot yang bertugas untuk mengontrol bagian bawah tenggorokan akan melemah, karena berbagai macam zat yang ada dalam rokok tersebut. Hal seperti ini dapat membuat asam lambung bergerak pada arah yang salah, seperti ke arah tenggorokan. Hal seperti ini disebut dengan penyakit asam lambung. Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh kondisi seperti ini adalah ulkus atau kanker lambung.

Tulang

Tahukan Anda bahwa ada beberapa racun dalam rokok yang dapat merusak struktur tulang pada tubuh. Tubuh akan lebih murah keropos, karena sel-sel kontruksi pada tulang hilang. Hal seperti ini disebut dengan osteoporosis. Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dapat menjaga struktur pada tulang, salah satunya adalah hormon estrogen.

Kulit

Seorang perokok aktif akan terlihat lebih tua dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Hal seperti itu terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke dalam sel-sel kulit, dan kulit juga menderita kekurangan nutrisi lainnya.

Organ reproduksi

Seorang perokok aktif maka organ reproduksinya akan terganggu. Pada pria maka dia akan menderita inpotensi, produksi sperma yang berkurang, atau bisa jadi mengalami kanker testis. Jika dia adalah wanita maka dapat mengurangi kesuburan pada wanita, dapat menderita kanker serviks, dll. Tidak sulit untuk menjaga gaya gidup sehat, cukup dengan menghindari merokok, maka salah satu pola hidup sehat sudah tercapai!