Masih banyak sekali orang tua yang terlihat suka memaksakan kehendak mereka kepada anak-anak mereka. Mereka mengekang keinginan anak mereka, dan menganggap keinginan mereka itu sebagai sesuatu hal yang tidak berguna. Mereka mensortir anak-anak mereka untuk menjadi seperti apa yang orang tua inginkan, padahal anak tersebut sama sekali tidak menyukai dan tidak berminat menjadi seperti apa yang orang tua mereka inginkan. Hal ini hanya akan menimbulkan rasa stress dan tertekan.

Sebagai contoh ketika masa kuliah, banyak anak yang ternyata jurusan yang mereka pilih bukanlah keinginan dan pilihan mereka sendiri, melainkan mereka mengikuti apa yang dikehendaki oleh orang tua mereka. Dimana mereka sama sekali tidak menyukai bidang tersebut dan hasilnya mereka tidak menjalankan proses pembelajaran itu dengan hati senang, gembira, melainkan karena terpaksa.

Sebagai orang tua seharusnya bisa sedikit mengerti mengenai hobi, kesukaan, dan bidang pembelajaran yang disukai oleh anak. Jika anak menyukai seni melukis, biarkanlah mereka mengembangkan minatnya di bidang melukis. Jika anak menyukai musik, biarkanlah mereka mengambil bidang yang berhubungan dengan seni musik. Jika anak sangat menyukai memasak, biarkanlah mereka mengambil kursus yang berhubungan dengan memasak. Seringkali orang tua merasa bidang-bidang kecil seperti ini tidak akan memberikan masa depan yang baik bagi anak mereka. Sehingga mereka lebih suka jika anak-anak mereka memilih bidang seperti kedokteran, akuntansi, arsitek, dsb.

Padahal tidak ada satu halpun yang bisa menjamin bahwa bidang-bidang kecil tersebut tidak akan sukses nantinya, dan juga tidak ada satu halpun yang bisa menjamin bahwa jika anak mengambil bidang seperti kedokteran, arsitek, dsb, mereka akan sukses besar nantinya. Sebagai orang tuapun tidak bisa menjamin hal tersebut 100%, karena mereka juga adalah manusia, karena manusia tidak akan pernah bisa tahu dan menjamin 100% apa yang akan terjadi esok hari. Yang kita lakukan hanyalah merencanakan ini dan itu tetapi segala sesuatu dan hasil akhirnya hanya Tuhanlah yang menentukan.

Percayalah bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, apapun bidang yang diminati oleh anak selama itu merupakan hal yang positif, sebagai orang tua sebaiknya bisa sedikit mengalah dan mendukung mereka. Janganlah menjadi orang tua yang selalu memaksakan kehendak kepada anak. Karena yang terpenting adalah anak-anak menjalankan segala sesuatu dalam hidupnya dengan hati dan bukan karena terpaksa.

Advertisement

Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini, semuanya pasti bisa terjadi, asalkan kita mau berusaha, tekun dan tidak lupa berdoa.