Kayaknya ga banyak orang punya genre musik ini di playlistnya karena masih kalah dengan genre yang lainnya. Itulah Jazz!

Buat kalian yang hobi dengerin musik jazz, kamu termasuk golongan orang-orang kreatif yang menghargai diri sendiri, outgoing, dan santai. Pencinta jazz adalah orang yang teliti, ingin segalanya terlihat sempurna termasuk penampilannya, nyentrik, dan selalu tampak fresh. Ide-idenya unik dan kreatif. Pembawaannya juga tenang. Namun kalau sudah badmood, bakalan agak susah diatasi. Dia juga penyayang, romantis, terbuka, suka hal-hal baru, harga dirinya cukup tinggi, dan cenderung tenang seperti alunan musik jazz yang biasanya tenang dan lembut.

Hobimu dengerin melodi-melodi klasik gubahan maestro lama kayak Beethoven, Bach, dan Mozart? Itulah musik klasik dan bukan berarti kamu punya selera tua.

Sesuai dengan temponya, penggemar musik klasik berkarakter pendiam, penyendiri, cerdas, suka kedamaian, dan menghindari konflik sekecil apapun. Menurut hasil penelitian, penggemar genre ini relatif memiliki harga diri tinggi, tapi sedikit introvert dengan lingkungan sekitarnya.

Musik klasik memang bisa menenangkan hati pendengarnya karena alunannya cenderung lembut dan sangat menyentuh hati. Kalau kamu salah satu penggemarnya, artinya kamu memiliki kepribadian yang kreatif, terbuka pada pengalaman-pengalaman baru, dan bisa menerima pendapat orang lain. Kepribadianmu juga cenderung tenang. Entah itu menghadapi gejolak dalam diri sendiri atau pun dari lingkungan sekitar.

Suka denger musik yang liriknya dinyanyiin cepet banget tapi tetep enak didengar? That's Rap!

Lagu-lagu rap terkenal karena liriknya lugas dan musiknya dinamis. Kalau kamu hobi mendengarkan musiknya para rapper mumpuni seperti Eminem dan Timbaland, kemungkinan besar kamu adalah orang yang mudah bersosialisasi, penuh kebanggaan, memiliki pribadi yang outgoing, dan memiliki harga diri yang tinggi.

Penampilan para musisi rap dan hip hop biasanya juga sangat nyentrik dan cenderung menarik perhatian. Ini membuktikan kalau para pencinta musik rap dan hip hop adalah orang-orang berjiwa seni, kreatif, suka menciptakan hal luar biasa, mempunyai harga diri, serta kepercayaan diri yang tinggi.

Musik yang satu ini, kalau didenger-denger hampir miriplah sama musik Jazz. Yap, musik Blues!

Advertisement

Karakter pencinta musik blues cenderung mirip dengan pencinta musik jazz: terbuka, outgoing,dan punya harga diri yang cukup tinggi. Mereka juga kreatif, cerdas, dan cenderung tenang. Para pecinta musik blues umumnya kreatif, mencintai diri sendiri, mudah bergaul, dan cenderung easygoing dalam menghadapi banyak hal.

Musik-musik dancefloor yang sedang merajai industri musik, macam lagu-lagu milik Lady Gaga jadi favoritmu?

Kalau lagi dengerin musik atau pun lagu yang satu ini bisa bikin badan kita ikut bergoyang dan bersemangat, begitu juga orang-orang pecinta aliran musik ini. Biasanya mereka adalah orang yang juga memiliki semangat tinggi dan selalu positif dalam berpikir. Selain itu, mereka juga pintar dalam berinteraksi dengan orang lain karena pribadinya menyenangkan dan ramah. Ia juga memiliki kreativitas yang cukup tinggi, lho! Tetapi biasanya para penggila musik dancefloor juga kurang lembut, malahan cenderung lugas.

Musik yang cenderung berbeda punya warna sendiri? Indie jawabannya

Musik yang satu ini memang beda dari yang lain, alias anti mainstream, dari lirik hingga gaya bermusiknya. Buat kamu yang suka dengan musik ini, biasanya memiliki kreativitas dan kecerdasan yang tinggi. Apalagi mengingat aliran musik satu ini yang memang sedikit berbeda. Jadi, gak heran kalau penggemarnya juga memiliki pemikiran yang berbeda dari orang kebanyakan.

Penyuka aliran musik indie biasanya cenderung tertutup, juga tidak suka pekerjaan yang terlalu menghamburkan tenaga. Namun ia juga kreatif. Menurut para peneliti, mereka cenderung memiliki self respect yang relatif rendah, kemudian sering merasa cemas, rendah diri, dan kurang sensitif.

Musik yang iramanya selalu keras dan penyanyinya suka teriak-teriak? Ya, pasti itu Rock!

Nggak selalu kok yang suka musik metal itu identik dengan sifat keras dan arogan. Tetapi tahukah kamu? Di luar stereotip yang dilekatkan pada musik rock, ternyata menurut hasil survei North, para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif. Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan santai, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.

Penelitian lainnya tentang musik malah menyatakan, sebagian besar pencinta musik heavy metal adalah orang yang berperasan lembut, pembawaannya tenang, dan cukup sensitif. Namun mereka juga sedikit keras kepala dan egonya sedikit besar. Kalau sudah berpendapat, dia nggak suka dibantah dan akan mati-matian mempertahankan argumennya. Di sisi lain, pecinta heavy metal super kreatif namun kepercayaan dirinya mudah sekali drop.

Playlist musiknya seabreg dan paling banyak disukai? Apalagi kalau bukan Pop!

Katanya sih, di Indonesia konon musik pop paling banyak penggemarnya. Musik pop cocok untuk orang-orang dengan jiwa terbuka, mudah bergaul, pekerja keras, percaya diri, punya harga diri yang tinggi, sangat menghargai, dan peduli dengan keadaan di sekitarnya. Para peneliti menemukan bahwa mereka pada umumnya kurang kreatif dan nyaman dengan keadaan sekarang.

Musik pop memang digemari karena irama musiknya yang mudah diikuti dan enak didengar. Hampir semua orang menyukai jenis musik yang satu ini. Biasanya pecinta musik pop menyukai segala sesuatu yang simpel. Meskipun terlihat terlalu santai tapi, bukan berarti dia orang yang pemalas kok. Pecinta musik pop ini juga biasanya pandai berbagi waktu dan senang menyenangkan hati orang lain.

Jenis pop yang kamu suka juga kadang bisa beda loh karakternya. Suka lagu-lagu pop ringan yang selalu masuk "Top 40 Charts"? Berarti kamu itu pekerja keras, suka bersosialisasi, lembut, dan mencintai diri sendiri. Tetapi sayangnya kamu tidak terlalu punya jiwa kreatif dan seringkali sulit berpikiran rileks.
Atau kamu lebih suka jenis Pop Mellow? Nah, kamu bawaannya santai, gak caper, cinta damai, dan gak terlalu serius kalo lagi ngadepin masalah. Apa yang Pop Modern yang paling kamu banget? Biasanya sih punya karakter lembut, gak suka jadi pusat perhatian, terkadang suka labil, gampang kebawa arus, dan cenderung gak punya pendirian.

Ada ciri khas petikan gitar yang enak banget? Ga salah lagi, itu musik Country!

Suka dengan petikan gitar dan suara penyanyi yang mendayu–dayu dalam musik country? Musik yang satu ini memang identik banget dengan yang berbau–bau western. Nah, biasanya mereka yang menyukai musik country adalah orang–orang yang pekerja keras dan mudah bergaul. Selain itu, mereka juga memiliki jiwa petualang dan menyukai kebebasan (dalam arti yang positif).

Musik yang berakar dari Nashville ini, identik dengan gaya hidup western. Para pecinta jenis musik ini biasanya merupakan pribadi yang pekerja keras dan mudah bergaul. Mereka adalah orang-orang yang suka bekerja keras, konvensional, dan ramah. Memang, biasanya lirik lagu-lagu country bercerita tentang seseorang yang sedang patah hati. Namun kalau kamu menyukai musik ini, berarti kamu adalah seseorang yang emosinya stabil.

Siapa suka jenis musik yang cenderung santai dan lirik yang simple-simpel aja? Oke, itu musik Reggae!

Buat kamu pecinta musik yang dipopulerkan oleh Bob Marley, ini menandakan kamu adalah seseorang yang berjiwa bebas dan umumnya memiliki kreativitas yang tinggi, santai, dan mudah bersosialiasi. Mereka santai juga dalam menghadapi hidup atau kurang pekerja keras. Tapi meski mereka suka nyantai, kadang mereka juga suka banget bikin acara kumpul-kumpul bareng dan bahkan jadi pusat perhatian orang banyak.

Namun, jangan salah. Dibalik itu semua ternyata para pecinta musik reggae ini punya sisi yang sensitif, lho!

Masih suka dengerin lagu jadul? Sekarang masih banyak kok tembang lawas yang masih bisa kita dengerin.

Kalo kamu atau temenmu ada yang doyan dengerin lagu-lagu lawas era 60 atau 70-an, biasanya mereka tuh orangnya suka hidup dan berpenampilan sederhana, gak suka jadi pusat perhatian, gak terlalu suka keramaian, pengennya ngadem terus, dan pikiran nya cenderung konservatif terhadap segala hal. Bener ga nih?

Jangan ngaku orang Indonesia kalau ga punya ini di playlist-nya! Hehe, yups musik Dangdut!

“Dangdut is the music of my contry”

Agak sedikit sulit sih nemuin penelitian tentang dangdut dan karakter pencintanya seperti apa. Mungkin karena hanya ada di Indonesia kali ya?

Tapi secara umum, bisa dikatakan kalau penggemar dangdut biasanya suka banget sama hal-hal yang asik dan seru. Cara mikirnya simpel dan gak mau mikir yang rumit dikit, menghindari masalah, dan bahkan kalau bisa lari dari masalah yang mereka punya. Hehehe…