“Strategy Without Tactics Is Slowes route to Victory”

“Tactics Without Strategy is the Noise before defeat.”

-Sun Tzu

Dari kalimat tersebut saya berfikir bahwa takik dan strategi sangatlah berkaitan erat layaknya merdeka dengan perjuangan, “jika kita ingin merdeka maka kita harus berjuang sementara apa arti kemerdekaan tanpa sebuah perjuangan?”. Banyak orang mengatakan bahwa mempertahankan kemerdekaan jauh lebih sulit dari pada memperjuangkan kemerdekaan, jangan berfikir terlalu jauh dulu untuk ingin mempertahankan kemerdekaan, contoh kecil saja lebih sulit mana antara mengambil air dengan tangan atau mempertahankan air tersebut agar tidak habis saat berada di tangan kita?

Ketika saya mempelajari sedikit ilmu manajemen saya dihadapkan dengan materi yang berjudul Marketing Communication Strategy proses, mendengar kata proses otak saya langsung tertuju pada langkah – langkah apa yang harus dilalui? Danternyata benar saja untuk melakukan Marketing Communication Strategy proses saya harus melalui beberapa tahap yaitu:

Understand Consumer (memahami target atau sasaran kita)

Analyze (melakukan beberapa analisa, baik itu apa yang dibutuhkan?, dimana tempat yang strategis?, siapa saja pesaing yang mungkin akan kita hadapi? Dan analisa – analisa lainnya)

Advertisement

Tahap berikutnya yaitu Review (pada tahap ini memberikan kesempatan kita untuk melakukan peninjauan ulang mengenai apa saja persiapa yang sudah dilakukan? Adakah yang harus diperbaiki? Adakah yang perlu ditingkatkan? )

Setelah tahap – tahap sebelumnya sudah terlaksana beriknya adalah Execution (bisa dibilang semua tahap sebelumnya merupakan sebuah rencana pada tahap ini kita tinggal melaksanakan apa yang sudah direncanakan pada tahap – tahap sebelumnya)

Jika dikaitkan dengan kemerdekaan saya rasa para pejuang kita juga dahulu sudah melakukan hal tersebut, hingga sampailah pada pemproklamasian kemerdekaan Republik Indonesia, perjuangan mereka tidaklah memang tidaklah mudah, tapi perjuangan kita untuk tetap mempertahankan sebuah kemerekaanpun tidah mudah, jadi mari kita bersama – sama mempertahankan sebuah kemerdekaan yang sudah diraih oleh para pendahulu kita.

Terakhir, semoga kalimat berikut ini bisa bermanfaat

“Sebuah proses yang sulit untuk menuju sebuah kemerdekaan adalah mempertahankannya dan hanya orang – orang yang tekun, terus berusaha, mau memperbaiki diri, terus belajar, dan mengiringi semua proses tersebut dengan bedo’a, dialah orang yang menang untuk memperjuangkan kemerdekaannya” #MerdeKamu