Sejatinya, perasaanmu hanya kamu yang tahu. Mau balikan sama mantan atau cari pacar baru, semuanya tergantung dari caramu menyikapinya. 


Nah, sekarang kita mulai pembahasannya. Telinga kamu pasti udah eksis banget nih denger kalimat, "kata orang, balikan sama mantan itu ibarat baca buku dua kali. Ending-nya sama aja!"

Jadi boleh nih balikan sama mantan?

Boleh-boleh aja, sah-sah aja, asal mantan kamu belum berstatus jadi milik orang lain ya (entah pacar, tunangan, suami/istri orang). Hindari tindakan merebut, menikung, merampas atau main belakang dengan orang yang sudah jadi milik orang lain. Kayak nggak ada orang lain lagi aja deh.

Cobalah berpikir positif dengan kondisi balikan sama mantan. Ibarat buku nih, kalau buku direvisi bisa aja kan endingnya jadi berubah, jadi beda. Sama kayak mantan yang seorang manusia. Dia juga bisa berubah kok! Bisa semakin baik atau justru semakin buruk.

Advertisement

Eitzz… bercanda. Si dia pasti bisa berubah jadi semakin baik. Nggak usah lah jauh-jauh bahas mantan, coba renungkan diri sendiri aja dulu. Diri sendiri sering berubah-ubah juga kan? Itu sifat alamiah manusia, barang sedetik aja bisa langsung berubah 180°. Jadi, berpikirlah lebih positif kalau mantan bisa berubah semakin baik maka hasilnya akan signifikan kalau ending hubungan yang dijalani dengan mantan akan berubah dan berbeda dengan kali pertama.

Sebuah cerita lama, mengenai teman SMA ku. Pada akhirnya dia melepas masa lajang tahun lalu dengan mantannya. Mantannya itu pacarnya sewaktu SMA! Bisa bayangin kan ada berapa mantan pacar selama kurun waktu masa kuliah hingga kerja? Berakhir bahagia dengan cinta lama. Ganteng sih cowonya, aku sempet heran bisa juga itu cowo diputusin. Jadi, kenapa katakan tidak untuk mantan

Ada opsi lain, yaitu jadian sama calon pacar baru. Opsi yang ini boleh pake banget. Calon pacar baru menjadi pertimbangan, artinya dia punya sisi lebih dong ya dibanding mantan. Satu hal yang pasti mengenai calon pacar baru adalah dia seseorang yang belum pernah menyakiti hatiu! Pertimbangkanlah baik-baik! 

Sebuah cerita seorang teman kuliah. Tak lama putus dari mantan pacar, dia dikenalkan oleh seseorang yang menjadi suaminya sekarang. Proses perkenalan, pendekatan hingga mereka sah menjadi suami istri hanya butuh waktu 3 bulan. Instan sekali! Rumah tangga mereka berjalan dengan baik dan bahagia. Sesederhana itu.

Kalau kalian termasuk orang yang cepat move on dan masih memegang teguh kalimat eksis: "kata orang, balikan sama mantan itu ibarat baca buku dua kali. Ending-nya sama aja." Nggak perlu pikir panjang, langsung cap cus lah pilih jadian sama calon pacar baru.

Tapi, buat kalian yang susah move on, galauan dan baperan, nggak ada salahnya mempertimbangkan untuk balikan sama mantan. Dengan catatan emang mantan kalian juga memberi rambu kuning menuju hijau untuk balikan ya, kalau nggak gengsi juga, harga diri dong…

Sekian penjelasan pilih mana antara balikan sama mantan atau jadian sama calon pacar baru nya ya! Keduanya memiliki sisi positif dan negatif masing-masing karena segala sesuatu di dunia ini memang memiliki kedua sisi itu kan? Jadi, lebih pahami diri masing-masing saja, yang mana kriteria kalian untuk menentukan pilihan calon pendamping hidup.

Semoga hubungan asmara kalian lancar, doakan semoga jodoh terbaik untukku pun juga segera datang ya!

Ingatlah: "MANTAN tidak selalu lebih buruk, calon PACAR BARU tidak selalu lebih baik."