Hampir semua orang pernah mengalami nyeri / sakit di daerah ulu hati, mungkin sebagian masyarakat menyatakan bahwa sakit di ulu hati adalah gejala biasa dan tidak terlalu berbahaya, namun demikian bisa saja nyeri / sakit pada ulu hati tsb adalah indikasi dari penyakit tertentu yg serius.

Nyeri ulu hati adalah rasa nyeri, sakit atau tertekan yang menjangkiti daerah ulu hati. Dalam ilmu medis, daerah ulu hati disebut dengan epigastrium. Letak ulu hati berada di bawah tulang dada dan di atas pusar, serta berada di antara tulang rusuk. Selain mual dan perut kembung, rasa sakit di ulu hati juga bisa diiringi oleh sendawa, kram, rasa lapar, penurunan berat badan, atau muntah. Rasa sakit dapat menyebar ke atas dada atau punggung.

Jika kondisi sakit ulu hati tidak begitu parah maka proses pengobatan bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan ramuan alami. Adapun ramuan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit pada ulu hati yaitu dengan menggunakan bahan temulawak, kunyit dan daun mint.

1. Temulawak

Tanaman ini memiliki banyak manfaat di bidang obat herbal dan tradisional. temulawak dapat menjadi obat sakit pada sendi, kanker dan menjadi obat nyeri di ulu hati akibat penyakit lambung ( seperi maag dan tukak peptik ). Cara mengobati nyeri di Ulu Hati dengan ramuan obat alami, cara nya :

Advertisement

Sediakan 1 rimpang temulawak lalu cuci bersih

Setelah dicuci, temulawak diiris tipis-tipis lalu dianginkan dulu sebentar

Rebus irisan temulawak dengan 5-7 gelas sampai mendidih.

Tiriskan air rebusan, lalu disaring.

Air rebusan diminum 1 gelas perhari sampai gejala nyeri di ulu hati menghilang.

2. Kunyit

Kunyit mengandung banyak antioksidan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi sakit di ulu hati. Cara mengobatinya :

Siapkan 2 batang kunyit yang telah dicuci bersih dan parut.

Larutkan parutan kunyit ke air secukupnya, didihkan.

Setelah mendidih, tiriskan air rebusan, saring hingga hanya didapatkan airnya saja.

Ramuan ini diminum 2 kali sehari yaitu sebelum makan siang dan sebelum tidur, sampai sakit di ulu hati menghilang.

3. Daun Mint

Mint memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat yang paling terkenal adalah untuk mengobati gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah di pagi hari pada ibu hamil, kram perut, dan nafas tidak segar. Cara engobatinya :

Siapkan daun mint secukupnya untuk digunakan penambah dalam sajian teh.

Masak air teh sesuai keinginan, lalu tambahkan daun mint. Tunggu hingga matang dan minum secar teratur ramuan ini untuk menghilangkan rasa sakit di ulu hati.

Itulah beberapa ramuan yang dipercaya mampu mengatasi nyeri ulu hati dengan cepat. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.