Kolesterol merupakan penyebab utama timbulnya berbagai macam penyakit pembunuh yang berbahaya ( silent killer) seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke dan sebagainya. Nah melihat kondisi ini, berbagai cara dilakukan orang agar sembuh dan terhindar dari penyakit berbahaya akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah. Mulai dengan obat-obat sampai menggunakan terapi-terapi yang modern.

Saat ini kondisi kolesterol tinggi sudah menjadi masalah kesehatan yang sangat umum. Banyak orang dewasa yang sudah masuk usia pertengahan terkena kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena pilihan gaya hidup buruk yang tidak sehat. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan kurang olahraga adalah masalah yang sering terjadi. Namun seiring dengan berkembangnya angka kematian akibat penyebab obesitas, penyakit jantung, diabetes dan kanker karena kolesterol tinggi, maka juga meningkatkan kesadaran tentang kesehatan.

Ada banyak orang yang ingin menurunkan kolesterol secara alami, bahkan sangat tradisional. Berikut ini langkah tradisional dan sangat mudah untuk menurunkan kolesterol.

1. Minum Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan penyakit. Obat ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol karena mengandung kadar asam yang cukup tinggi. Namun untuk penderita penyakit maag, sebaiknya konsumsi cuka sari apel dalam jumlah yang terbatas. Cuka sari apel mengandung bahan alami seperti flavonoid yang akan memerangi kolesterol dan trigliserida dalam tubuh Anda. Cuka sari apel yang baik untuk dikonsumsi harus dengan bahan apel yang murni dan tanpa campuran bahan lain.

Advertisement

Cara:

Minum satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang efektif maka minum selama 30 – 40 hari setiap hari. Jika Anda kurang suka dengan rasa murni cuka sari apel maka minum 1 sendok teh cuka sari apel dengan campuran jus jeruk atau jus apel.

2. Belimbing manis

Apa rahasia buah ini sehingga bisa mengusir kolesterol? Ternyata seratnya yang tinggi mampu mencegah penyerapan lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker. Bahan: 2 buah belimbing manis ukuran besar Cara Pemakaian: Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah.

3. Bawang putih

Bawang putih (Allii bulbus), bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.

Bahan: 1-2 siung bawang putih Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

4. Ekstrak Daun Artichoke

Sayuran artichoke adalah jenis sayuran yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Meskipun sayuran ini bukan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian dari artichoke yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol adalah ekstrak daun artichoke. Bahan ini mengandung senyawa seperti cynarin yang akan meningkatkan jumlah cairan empedu dalam hati Anda. Kemudian efeknya akan meningkatkan pengeluaran kolesterol dari dalam tubuh, mencegah penumpukan kolesterol dalam arteri dan membuat kadar kolesterol dalam darah menurun drastis. Selaiun itu sayuran artichoke juga termasuk makanan yang baik untuk batu empedu dan membakar lemak jahat dalam tubuh.

Cara: masukkan bahan daun artichoke yang sudah dibentuk menjadi ekstrak atau bubuk dalam semua jenis masakan Anda.

Pada dasarnya semua jenis obat tradisional kolesterol ini bisa bekerja efektif untuk tubuh. Namun untuk mencapai hasil yang lebih efektif maka Anda juga harus menjauhi semua gaya hidup buruk seperti kebiasaan merokok, konsumsi lemak berlebihan dan minum alkohol. Menjalani gaya hidup yang sehat akan lebih baik untuk membantu mencapai tubuh sehat dan ideal. Sekian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat 🙂