Film yang mengangkat Chef (Kepala Koki yang bertanggung-jawab di dapur restoran/rumah-makan) sudah banyak yang diangkat ke layar lebar. Hollywood mencoba peruntungannya kembali mengangkat kisah Chef dengan problematika dan kehidupannya lewat film Burnt.

Diceritakan bahwa Adam Jones (Bradley Cooper) adalah Chef yang bertalenta. Namun, masa lalu-nya sebagai Chef penuh dengan catatan hitam. Narkoba, Hutang, main perempuan, hingga menghancurkan masa-depan restoran terkemuka di Paris.

Setelah beberapa tahun, Adam Jones akhirnya memilih kembali untuk mengeluarkan segala bakat dan talenta-nya untuk berjaya kembali menjadi Chef. Menemui Tony Belardi (Daniel Bruhl) yang merupakan pemilik restoran, Adam meyakinkan bahwa dirinya sudah berubah.

Dengan beberapa teman lama yang pernah bekerja bersamanya, Adam Jones bertemu Helene (Sienna Miller) yang merupakan seorang koki handal perempuan. Teman lama dan Helena menjadi modal awal Adam Jones untuk kembali eksis di restoran papan atas sebagai Chef yang mumpuni.

Intrik, Pertengkaran, Balas-dendam, serta realita kehidupan masa lalu tidak serta-merta membuat Adam Jones lurus-lurus saja menggapai impiannya. Aura dapur dan diluar dapur restoran menjadi bumbu pedas yang harus dihadapi Adam Jones beserta segala tantangannya.

Advertisement

Burnt yang disutradarai oleh John Wells, menawarkan metode baru mengenai sebuah kisah Chef dengan sosok sentral Adam Jones. Penggambaran diri Adam Jones dan lingkungannya di dunia restoran menjadi sebuah kisah yang cukup pelik namun juga menarik untuk sebuah film genre drama.

Adam Jones digambarkan oleh penulis skenario Steven Knight dan Michael Kalesniko bukanlah sosok dewa ketika menjadi Chef. Gaya temperamental seorang Chef membuat kita tahu dinamika apa yang terjadi di dapur restoran terkemuka.

Bradley Cooper si anak manis Hollywood ternyata mampu berperan antagonis dibandingkan (kebanyakan) peran yang di-embannya. Meski sebagai sosok sentral, namun penggambaran sebagai sosok Chef yang arogan, temperamental, sombong, namun penuh talenta dilahap Bradley Cooper lewat aktingnya yang menawan.

Daniel Bruhl dan Siena Miller menjadi pelengkap yang mumpuni untuk film ini. Burnt menjadi salah-satu film drama yang kuat namun juga rasional selama durasi 101 menit.

Secara keseluruhan, Burnt menjadi salah-satu film drama berkualitas dengan akting menawan dari para pemerannya. Burnt berpesan bahwa selalu ada kesempatan kedua bagi setiap manusia apapun profesi-nya. Burnt menjadi sebuah pertobatan seorang koki handal yang bisa terjerembab dalam dunia yang keras dan hitam.

Burnt menjadi salah-satu film terbaik yang mengangkat kisah Chef di ranah layar lebar. Burnt akan menjadi salah-satu film drama yang kadang diisi tensi tinggi dengan segala kompleksitasnya namun juga menghibur penonton. Selamat menonton.https://www.youtube.com/watch?v=IiGJlUVQDGk