Jika kamu punya waktu sejenak, renungkanlah apa yang sudah terjadi di sekelilingmu.

Lihatlah mereka-mereka yang berada di bawah kita, kondisi yang sangat tidak sempurna. sangat memprihatinkan. sungguh sayang kita ini, kaya tetapi miskin.

Sampai kapan kita begini? Merdeka… tetapi masih seperti sedang di jajah orang asing. Padahal penjajahnya adalah teman-teman kita sendiri. Bukankah kita hidup dalam negeri yang sama? Dengan bahasa yang sama? Walau suku, ras, agama, dan budaya berbeda tetapi kita tetap satu, bukan?

So, guys… Generasi muda. generasi penerus bangsa ini, kamu jangan pernah berheni berjuang untuk benar-benar merdeka yah!

Merdekakan mereka juga untuk kita. Merdekakan semua manusia, mereka berhak bahagia. Yang mereka minta hanya sederhana…

Advertisement

Contohnya: "Kasih jalan untuk pejalan kaki, juga sediakan tempat untuk pedagang asongan (menengah kebawah). Jangan cuma memeberikan perhatian khusus untuk yang berharta. Ingat, harta tidak bisa membueli Surga dan tidak bisa membuat Neraka menolak kita!"

Berhenti tutup mata. Lakukan apa saja agar ada perubahan nyata! Walau yang kamu bisa hanya berdoa, teruslah berdoa karena yang lain sedang berupaya mengadilkan ini semua.

Saya hanya ingin mengingatkan diri sendiri, bukan apa-apa. Karena saya memang butuh tempat parkir sepeda yang layak di kota-kota. Kalian tahukan kalau budaya bersepeda itu sudah hampir tiada? Padahal itu sesuatu yang sangat berharga walau sangat sederhana.