4 Mungkin saat ini Anda atau orang-orang terdekat Anda sedang mengalami gangguan gejala asam urat tinggi maupun bahaya kolesterol LDL tinggi? Jika iya, tentu berbagai upaya akan Anda lakukan agar gangguan tersebut segera bisa teratasi dengan baik, karena jika tidak maka bisa menimbulkan berbagai kondisi yang lebih parah, seperti ancaman ciri-ciri diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. Lalu bagaimana cara agar kadar gejala asam urat maupun kolesterol dalam tubuh memiliki frekuensi yang stabil dan normal?

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh kita tetap dalam kondisi yang normal, hanya saja terkadang kitalah yang enggan dan ragu untuk menerapkannya dalam kehidupan kita.Berikut ini beberapa jenis sayuran yang baik untuk menjaga agar dan kolesterol dalam tubuh kita.

Salah satunya adalah wortel. Wortel merupakan salah satu sumber pangan yang kaya akan kandungan nutrisinya, seperti vitamin A, vitamin K, folat, magnesium, serat, dan berbagai jenis nutrisi lainnya. Meskipun wortel bukanlah penghasil serat larut yang baik, akan tetapi menurut study terbaru telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi satu potong wortel mentah setiap hari di waktu sarapan akan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 11%.

Dalam karyanya yang berjudul The Women’s Encyclopedia of Natural Medicine, seorang penulis yang bernama Tory Hudson ND menyatakan bahwa wortel merupakan sayuran berwarna orange yang kaya akan serat tak larut. Fungsi serat tak larut itu sendiri adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernakan serta mempercepat proses penurunan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam wortel berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi kolesterol jenis LDL dari proses oksidasi.

Untuk mendapatkan manfaat dari wortel untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau bisa juga dengan diparut. Dan sebaiknya ampas sisa dari wortel tersebut tidak dibuang, akan tetapi dikonsumsi bersama dengan airnya.

Advertisement

1. Seledri

Biasanya kita menjumpai daun seledri sebagai salah satu bahan olahan makanan, seperti sup, pasta, salad, dan berbagai olahan lainnya. Selain menyedapkan masakan, ternyata banyak khasiat yang terkandung di dalam daun seledri seperti untuk mencegah terjadinya infeksi di daerah kelamin serta bahaya infeksi saluran kencing. Selain itu, ternyata daun seledri juga berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar asam urat serta kadar kolesterol dalam darah. Mengapa hal ini bisa terjadi?

2. Wortel

Meskipun bentuknya kecil, akan tetapi kandungan vitamin C di dalam daun seledri jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah jeruk. Dan kandungan vitamin C inilah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun seledri. Cara membuatnya adalah cukup dengan merebus daun seledri dengan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut. Lakukan hal ini setidaknya sekali dalam sehari.

3. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran berdaun hijau yang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Diantaranya adalah dapat membantu menurunkan kadar asam urat serta kadar kolesterol dalam tubuh kita. mengapa demikian? Karena selain kaya akan berbagai macam nutrisi seperti zat besi, vitamin A, karbohidrat, dan berbagai nutrisi lainnya, brokoli juga kaya akan kandungan serat, asam amino, sulfur, dan juga vitamin C yang sangat baik untuk membantu proses penurunan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan serat dalam brokoli dan beberapa nutrisi di dalamnya seperti kromium dan potasium juga berpotensi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari sayuran hijau ini adalah dengan cara dikukus terlebih dahulu atau juga bisa dimakan langsung sebagai salad.

4. Daun Salam

Selain sebagai bahan penyedap makanan, di dalam daun salam juga terkandung manfaat yang melimpah bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam darah. Daun salam bisa menghasilkan minyak essential yang di dalamnya terkandung komponen penting seperti eugenol serta metil kavikol yang dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan, seperti menurunkan kadar asam urat serta kadar kolesterol.

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda cukup merebus 10 hingga 15 lembar daun salam yang masih segar dengan air bersih kira-kira sebanyak 3 gelas. Perebusan sebaiknya dilakukan hingga kadar air tinggal 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin, saring, lalu segera minum ramuan tersebut. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin.

Sedangkan untuk menurunkan kadar asam urat, cobalah untuk mengeringkan +/- 10 lembar daun salam. Lanjutkan dengan merebusnya menggunakan 10 gelas air hingga airnya tersisa 7 gelas saja. Setelah air rebusan dingin, segeralah meminumnya. Lakukan hal ini dengan rutin, agar asam urat dalam darah Anda segera turun.

Itulah beberapa sayuran yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat 🙂

sumber: obatkolesteroldiapotik