Menjelajah seluruh semesta adalah impian para pelancong di seluruh pelosok negeri.


Mendarat dalam tempat yang kaya akan budaya untuk dijadikan sebagai pengetahuan warisan nenek moyang terdahulu. Seiring berjalannya detik, menit dan jam sejarah akan tetap ada mengisi peradaban masa yang semakin maju. Bergulat dibidang pariwisata tentu tak akan luput dari sejarah tiap daerah yang dikunjungi. Di sinilah peran waktu dipertanggungjawabkan. Mengisi hari-hari dengan harapan yang masih semu untuk menjadikannya ada dalam bayang nyata tentunya.

Jalan-jalan cerdas istilah yang mungkin tepat untuk seorang penjelajah yang memanfaatkan liburannya sebagai ajang untuk mengorek lebih dalam sejarah dari tempat yang dikunjunginya. Menikmati keindahan panorama dengan cagar budaya yang tak terbatas. Contohnya seperti kota Singosari yang menyimpan beberapa peninggalan kerajaan tempo dulu berupa candi-candi yang sampai sekarang bisa dilihat. Warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan dijaga sebaik mungkin.

Memahami sejarah bangsa tercinta, Indonesia di era modern seperti sekarang sangatlah penting. Di mulai dari hal-hal kecil yaitu membaca dan mencari informasi melalui internet. Jika daya ketertarikan bertambah, mengunjungi tempat tersebut merupakan pilihan yang tepat. Menyaksikan secara langsung tempat bersejarah tersebut dan melakukan wawancara ringan dengan pengelola tempat budaya tersebut.

Tempat wisata budaya tersebut contohnya candi, museum dan lain sebagainya. Ketika rasa penasaran tersebut semakin tinggi, maka langkah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang dikemukakan sendiri akan terjawab dengan melakukan tindakan.

Advertisement

Setelah wawasan sejarah tersebut diperoleh, terdapat rasa memiliki yang cukup kuat untuk menjaga peninggalan sejarah tersebut. Inilah yang dinamakan rasa nasionalis yang tumbuh dengan sendirinya lewat pribadi masing-masing. Berawal dari diri sendiri dan lingkungan sekitar yang mendukung untuk perkembangan keingintahuan tentang sejarah negeri ini. Setelah sejarah dan budaya negara bendera merah putih sudah diketahui, berkelana ke mancanegara menjadi semakin terarah. Bekal budaya yang didapat tersebut dijadikan senjata untuk memperjuangkan dan mengenalkan budaya tersebut di kanca Internasional.

Sudah siapkah Anda generasi muda untuk menjadi sejarahwan yang kreatif?

Mulailah membaca dan terus membaca. Semangat mencari fakta baru mengenai budaya Indonesia.