Hubungan antar manusia dalam berbagai konteks adalah salah satu hal yang paling rumit dan kompleks. Entah itu konteksnya pekerjaan, keluarga, hubungan percintaan atau dalam konteks yang lebih luas seperti sebagai sesama warga negara. Darisitu banyak timbul masalah yang berakar dari hubungan antar manusia.

Kita tidak bisa mencegah hal-hal untuk terjadi tapi kita bisa mengendalikan diri, mengendalikan respon dan memanage diri kita sendiri. Jika kita sadar bahwa kita adalah individu diantara banyak individu yang lain, seharusnya kita berusaha memulai dari diri kita sendiri supaya hubungan antar individu itu menjadi lebih seimbang, harmonis atau setidaknya minim masalah dan konflik.

Upaya terbaik yang bisa kita lakukan untuk itu adalah berusaha menjadi pribadi yang dewasa atau menumbuhkan kedewasaan di dalam diri kita. Jika kita lebih dewasa maka respon, sikap dan cara kita menangani hal-hal akan menjadi lebih baik. Dan kalau itu dilakukan oleh masing-masing individu, secara akumulatif hubungan antar manusia secara keseluruhan akan menjadi lebih baik dan harmonis.

Perbedaan keyakinan, perbedaan pandangan politik, perbedaan pendapat, perbedaan prinsip dan segala bentuk perbedaan lainnya tidak akan bisa kita hilangkan sepenuhnya. Tapi dengan kedewasaan masing-masing individu, perbedaan bisa diredam, mudah untuk dicari titik temu dan lebih mudah untuk hubungan antar manusia menjadi lebih harmonis.

Menjadi dewasa adalah tanggung jawab masing-masing individu. Hal yang seharusnya secara sadar dan dengan inisiatif sendiri kita upayakan di dalam diri. Bahkan seandainya hubungan dengan individu lain harus kita kesampingkan, tetap saja kita butuh kedewasaan supaya bisa menjalani hidup dengan baik.

Advertisement

Tidak ada manusia yang sama, semua mungkin punya prinsip atau pandangan yang berbeda tentang hal-hal. Tapi berbeda itu tidak berarti harus ada konflik atau permusuhan. Kedewasaan adalah kemampuan yang kita butuhkan untuk menangani perbedaan dan mencapai titik temu.

Jadi mari kita menumbuhkan kesadaran untuk berusaha menjadi lebih dewasa dan melakukan hal-hal yang diperlukan untuk menjadi pribadi yang dewasa.