Traveler yang melewati Danau Sunter, Jakarta mungkin pernah lewat bangunan putih bergaya Taj Mahal. Faktanya, itu adalah masjid yang dibuat oleh seorang mualaf.Itulah Masjid Ramlie Musofa

Itulah Masjid Ramlie Musofa yang sedang populer beberapa bulan terakhir ini.

Keunikan pertama,terlihat dari aksara Mandarin yang tertera di bawah plang tulisan masjid. masjid yang terletak di Jl Danau Sunter Selatan Blok I 10 no.12 C tersebut dibangun sejak 2011 oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa yang menjadi mualaf. Masjidnya pun diresmikan pada 15 Mei 2016.

Memasuki gerbang, traveler akan dibuat terpukau oleh arsitektur masjid yang megah dan didominasi warna putih. Di bagian tengahnya ada sebuah tangga yang terhubung dengan dalam masjid, serta tempat wudhu laki-laki di sisi kanan dan perempuan di sisi kiri.

Unsur Tiongkok pun kembali muncul pada beberapa bagian eksterior dan halaman masjid. Contohnya lewat penggalan ayat Al Quran, yakni surat Al Qariah yang terpampang di dinding masjid bagian luar.

Advertisement

Di sisi kiri dan kanan dari tangga masuk masjid juga tampak penggalan surat Al Fatihah. Tulisan tersebut pun tertulis dalam tiga aksara bahasa, yakni Mandarin, Arab dan Indonesia.

Sedangkan di bagian luar dari lantai dua masjid dapat dijumpai bedug bertuliskan aksara Arab serta tempat untuk melihat pemandangan. Ada juga monumen prasasti yang ditandatangani oleh pemilik masjid, Haji Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid, Profesor Doktor Haji Nasaruddin.

Memasuki ruang salat, kesan megah pun semakin tampak lewat sejumlah pilar, lampu pijar dan kubah bertuliskan Allah dalam bahasa Arab. Sungguh sejuk dan menenangkan hati.

Usai salat, tak sedikit juga traveler yang mengabadikan keindahan Masjid Ramlie Musofa lewat kamera ponselnya. Ada yang hanya sekedar mengabadikan keindahan arsitekturnya hingga foto selfie.

Traveler yang kebetulan tengah melewati Danau Sunter atau penasaran, tentunya bisa mampir ke Masjid Ramlie Musofa. Anda akan dibuat kagum oleh kemegahannya.