Sekarang tujuan utama seorang siswa bersekolah bukan lagi untuk mencari ilmu. Melainkan untuk mencari nilai. Bagaimana tidak, sekarang siswa disetiap sekolah di tuntut untuk harus mendapat kan nilai maksimal.

Apalagi ditambah sekarang ada pelajaran minat. Dan jumlah semua mata pelajaran yang harus di ikuti oleh setiap siswa adalah 16 mapel + minat. Sedangkan tidak semua mata pelajaran tersebut akan berguna di kehidupan kita di masa depan.

Entah apa yang teejadi sekarang ini. Kita benar benar dituntut untuk harus mendapat nilai yang bagus dan memeuaskan. Para guru dan orang tua tidak menghargai prosesnya. Namun justru, mereka lebih manghargai hasilnya. Dan cenderung tidak peduli, entah itu dari kerja sendiri atau menggunakan cara yang buruk seperti mencontek atau copast tugas teman.

Kadang mendapat nilai bagus, tetapi dengan cara mencontek akan jauh lebih dihargai. Daripada mendapat nilai jelek tetapi dengan kemampuan sendiri. Hal seperti ini justru membuat siswa akan menghalalkan berbagai cara untuk bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

Namun, pada kenyataannya “ Zonk”.

Advertisement

Pada saat ini, nilai jauh lebih penting daripada ilmu. Padahal pada kenyataannya, siswa yang mendapat nilai bagus belum tentu dia berilmu.

Namun, siswa yang sudah berilmu pasti akan mendapat nilai bagus. Mungkin tidak sekarang namun di masa depannya. Karena ilmu yang bermanfaat tidak bisa diperoleh dengan cara yang singkat.

Kita lihat saja disekitar kita. Banyak orang yang waktu sekolah selalu mendapat peringkat. Selalu memperoleh nilai yang bagus. Tetapi, tidak jarang juga dari mereka yang malah menganggur. Iya, itu tidak lain karena mereka hanya mengejar nilai.

Mereka tidak mengejar ilmunya.

Berbeda dengan orang yang berilmu, walaupun mereka mungkin tidak bekerja di kantoran, tetapi mereka bisa mendirikan usaha sendiri atau menjadi wirausaha.

Karena mereka mempunyai ilmu.

Jadi sebenarnya, orang yang mendapat nilai bagus belum tentu akan menjadi orang yang sukses di masa depan. Namun orang yang berilmu, sudah pasti akan memperoleh kesuksesannya sukses. Dan memanfaatkan ilmunya.