Pengen hidup gak ada batasnya. Berbuat sesuka hati. Bebas mau ngapain aja. Boleh. Dan sah-sah saja. Karena hidup memang kita yang jalani.

Tapi asal tahu saja, apapun di dunia ini. Pasti ada batasnya. Tinggal kita. tahu batas kita atau tidak? Atau kita memang belum menentukan batas?

Sekali lagi, semua ada batasnya. Usia ada batasnya. Makan ada batasnya. Bekerja ada batasnya. Bahkan, masalah pun ada batasnya. Rumah kita dengan rumah tetangga juga ada batasnya. Pendapat kita, pendapat orang lain juga ada batasnya. Yang paling penting, hidup kita pun ada batasnya. Kita tidak bisa menolak ketika batas "umur" itu tiba …..

Jika hari ini, masih ada di antara kita yang berselisih. Berdebat dan bersengketa tiada henti. Berseteru yang tak berkesudahan. Sadarlah, karena semua ada batasnya. Untuk apa kita ngotot, emosi padahal semua itu akan berbatas. Akan berakhir. Dan sirna seakan sia-sia.

Pangkat, jabatan, harta dan istri atau anak sekalipun akhirnya juga ada batasnya. Lalu, untuk apa kita sombong melulu? Mempertahankan sikap angkuh? Bagaimana bisa kita menzholimi diri sendiri atau orang lain terus menerus? Sudahlah, semua pasti ada batasnya.

Advertisement

Kalau hari ini masih ada orang yang berpikir buruk tentang pemimpinnya, semua itu juga ada batasnya. Jadi pemimpin juga ada batasnya. Apapun, hal apapun di sekitar hidup kita pasti ada batasnya. Lalu, mengapa kita tidak segera menyadarinya? Bukan karena ego, bukan karena pintar, bukan karena merasa benar. Tapi cukup, hanya tahu dan mengerti bahwa semua ada batasnya.

Cepat atau lambat, BATAS itu akan tiba pada diri kita.

Mengapa hari in kamu tidak bahagia?

Jawabnya sederhana, karena kamu tidak tahu batasan dirimu. Itu saja, tidak ada yang lain. Maka tetapkanlah batas sekarang juga. Kita tidak perlu berbuat berlebihan karena semua ada batasnya. Tahu batas apa yang harus kita lakukan. Ketahuilah batas kita, maka kebahagiaan itu tidak akan pernah sirna.

Mengapa penting kita tahu batas?

Lho, tentu agar hidup kita bahagia. Tidak tergerus oleh nafsu dan ego pribadi. Sehingga kita mau dan mampu menerima kenyataan. Karena sesungguhnya, tujuan hidup itu bukan untuk sukses, bukan untuk kaya. Tapi untuk mengetahui batas kita.

Ya, BATAS. Agar kita tahu apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak harus kita lakukan. BATAS agar tahu apa yang kamu mau dan apa yang kamu tidak mau. Tahu BATAS pasti bisa membimbing kita ke yang boleh dan tidak boleh. Sekali lagi, semua ada batasnya.

Berpikir bebas. Bertindak bebas. Bukan berarti tanpa batas. Hidup juga butuh toleransi. Butuh pengertian. Hidup juga perlu harmoni. Bahkan terkadang, dibutuhkan warna-warni kehidupan. Maka sama sekali tidak mungkin, kita hidup semau gue. Hidup sesuka hati. Karena segalanya, ada batasnya.

Lalu, apa sebenarnya batas hidup kita?

Jawabnya sederhana lagi, kita tidak boleh melebihi batas kemampuan kita. Itu saja. Hanya 3 hal yang kita boleh tidak ada batasnya. Apa saja? Kesatu, Usaha. Kedua, Doa. Dan ketiga, Tawakal di jalan-Nya. Itu berarti, kita sudah menetapkan batas diri kita ….. Ingat tahu dan punya batas itu penting !!

#BelajarDariOrangGoblok