Tak selamanya roda perputaran sejarah dipengaruhi oleh laki-laki. Banyak tokoh wanita di dunia yang memiliki andil besar dalam kemajuan sebuah bangsa. Bahkan selalu ada wanita besar dibalik orang-orang besar. Begitulah pepatah mengatakan. Sebut saja, pemimpin spiritual Argentina sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Sosial Argentina, María Eva Duarte de Perón atau yang lebih di kenal sebagai Evita.

Namanya begitu dikagumi di Argentina sehingga nama Evita dan Eva begitu banyak digunakan di sana. Ia bahkah pernah dicalonkan sebagai calon presiden argentina oleh Partai Peronis. Sebaliknya, banyak pula kejadian dan perang besar karena wanita. Lihat lihat saja perang saudara Pandawa dan Kurawa, yang terjadi karena perselisihan soal wanita dan kekuasaan.

Wanita Paling Inspirasional di Indonesia Saat Ini

Kejadian besar di Indonesia pun tak luput dari kehebatan para wanita. Tuntutan kesetaraan gender, terjadi sejak Kartini mengungkapkan gagasan pendidikan untuk kaum hawa. Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah adalah hasil impian istri Presiden Suharto.

Itu ada di masa lalu, kini wanita-wanita hebat itu juga memiliki generasi penerus. Banyak sosok-sosok wanita Indonesia yang bisa jadi insipasi bagi siapa saja. Tak hanya untuk sesama perempuan, bagi laki-laki wanita di bawah ini juga layak menginspirasi:

Advertisement

1. Najwa Shihab, Lahir Dari Manapun Kita Musti Berjuang

Meski lahir dari keluarga yang berada, tak lantas membuat sosok najwa Shihab atau yang lebih lebih sering disapa nama mbak nana itu bersantai dan menikmati segala fasilitas yang ada. Ia memilih keluar dari zona aman dan memilih jalanya sendiri.

Namanya begitu familiar di kalangan masyarakat indonesia bukan lantaran ayahnya, Quraish Shihab pernah menjadi menteri. Tetapi karena kecerdasan analisisnya dalam mewawancarai setiap narasumber. Setiap pertanyaan dan analisisnya menunjukkan kecerdasan. Sorot matanya penuh dengan selidik. Maka tak mengherankan jika banyak tokoh publik di tanah air yang kelabakan menjawab pertanyaanya.

Najwa shihab mulai dikenal publik karena kebernianya mengungkapkan kejujuran dan emosinya begitu meluap ketika meliput berita Tsunami Aceh tahun 2004 silam. Emosinya yang meluap itu seketika menyentuh hati masyarakat, padahal saat itu menteri sosial tak lain juga masih keluarganya sendiri.

Ia kemudian menjadi jurnalis terbaik Metro TV tahun 2006. Iapun meraih penghargaan Young Global Leader (YGL) tahun 2011 di Swiss.

2. Dian Sastro, Pendidikan Itu Penting

Dian memang bisa saja terkenal hanya dengan kecantikanya. Tetapi Dian tidaklah begitu. Ia adalah sosok perempuan yang sangat memperhatikan pendidikan, meski banyak tawaran bermain di sejumlah film dan model. Ia tetap selektif dalam memilih.

Dian justru menjadi artis kelas atas karena keberanianya memilih peran. Tidak semua peran yang ditawarkan ia ambil. Ia selalu mementingkan pendidikanya. Bahkan ia menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Indonesia dengan predikat cumloude pada jurusan Managemen Keuangan.

Beberapa film yang dibintanginya sukses. Sehingga membawanya ke festifal Film Cannes Prancis. Tapi tak lantas menjadikanya hanya sibuk dengan gemerlap perfilman. Ia tetap memperhatikan lingkungan sosial. Lulusan S1 jurusan filsafat UI itu kini bahkan mendirikan yayasan sosial bernama Dian Sastrowardoyo. Meski cantik bukan berarti ia sibuk merias diri.

3. Agnez Monica, Kritik Bukan Akhir Segalanya

Terkenal sebagai artis cilik tak lantas membuat Agnez Monika, bersantai sebagai yang kebanyakan artis lakukan. Terkenal di masa kecil dan menghilang ketika dewasa. Ia bahkan terus berjuang mewujudkan mimpinya menembus pasar musik Amerika dan Go internasional.

Banyak orang mengkritik penampilanya dan tak sedikit yang mencibir niat Agnez go internasional. Pasalnya memang musik di Amerika tak terlalu ramah dengan wajah asia. Tapi ia berjuang gigih, menerima kritik sebagai bagian motivasi untuk terus belajar.

Dari kecil agnez sepertinya sadar betul, tidak ada mimpi yang mudah dIraih. Maka ia selalu lakukan yang terbaik pada apapun yang melibatkan dirinya. Soal penampilanya di atas panggung, tak perlu diragukan lagi, ia selalu menuntut siapapun yang terlibat di sana untuk tampil perfek. Dalam pendidikanpun demikian, ia mendapatkan kelas akselerasi sebanyak dua kali semasa SMP, lalu lulus dari Universitas Pelita Harapan dengan predikat cumlaude.

Selain wanita-wanita di atas, kita juga bisa menginspirasi apa yang dilakukan oleh Dian pelangi, desainer asal Pekalongan yang kini rancanganya begitu di minati di dunia. Padahal ia membawa tren fashion muslim. Tak ketinggalan pula, kita bisa mencontoh Merry Riana, seorang motivator perempuan yang begitu disegani di antara motivator laki-laki. Bukunya, mimpi sejuta dolar jadi salah satu buku terbaik untuk memotivasi hidupmu.