Perjalanan hidup bukanlah sesuatu yang patut disesali apalagi mengeluhkannya. Banyak rintangan yang sudah kita hadapi sejak kita dilahirkan hingga saat ini. Saya tidak menceritakan tentang siapa dan apa yang harus diceritakan. Namun, saya akan mengatakan mengapa sukses bukanlah pilihan. Mengapa harus sukses, kenapa harus menjadi pilihan setiap manusia? Apakah sukses harus menjadi target kehidupan kita? Why?

Sebagian orang mengatakan bahwa sukses adalah mimpi yang terkabulkan, mimpi yang sudah menjadi kenyataan. Setiap orang bermimpi untuk menjadi sukses dan bahagia. Kita kembali lagi ke belakang sebelum seseorang menjadi sukses, yaitu apa yang telah dia lakukan sebelumnya. Banyak perjalanan yang sudah ia lalui yang membuat dirinya bisa memiliki kata sukses.

Kita lihat para pendiri Bangsa Indonesia, kenapa saat ini Bangsa Indonesia sukses merdeka, apakah sebuah pilihan? Kenyataanya bahwa perjuanganlah yang telah menjadi pilihan pendiri-pendiri bangsa kita. Saat ini sebagian orang selalu mengatakan "Aku ingin menjadi sukses?" Sukses bukanlah pilihan para sahabat, melainkan hasil dari tujuan. Pilihan kita seharusnya adalah "berjuang atau berusaha", semestinya kita harus berjuang untuk tidak menjadi lemah, berharap, dan selalu meminta. Kenyataanya bangsa kita tidak pernah meminta kemerdekaan melainkan kita berjuang untuk merdeka. Merdeka!

Sekali lagi saya akan mengatakan bahwa sukses bukan pilihan, sukses merupakan hasil akhir. Ada pepatah mengatakan :


Kegagalan merupakan sukses yang tertunda


Advertisement

Jika seseorang membuat pilihan hidupnya untuk menjadi sukses, maka kegagalan yang akan ia dapatkan. Karena ia selalu menanamkan kata sukses terlebih dahulu sehingga terlena di dalam kegagalan.

Dahulu orang tua dan guru kita selalu mengatakan "Nak, rajin-rajin belajar ya, supaya menjadi orang yang berguna dan bermanfaat?" (Mungkin ada versi lain). Kata-kata tersebut sudah kita tanamkan sejak kecil agar selalu berjuang dalam belajar menjadi orang yang berguna dan bermanfaat kepada yang lainnya.

Para sahabat Hipwee, mulai saat ini kita harus berjuang dan berusaha, jadikanlah sebuah pilihan dalam hidup kita untuk selalu berjuang. Semoga saja kita menjadi orang-orang pilihan yang terbaik, yang selalu berjuang dan berusaha untuk keluarga, bangsa dan negara.


Berjuanglah untuk keluarga, bangsa dan negara.