Tulisan kali ini aku buat khusus untuk kalian adik-adik yang kini duduk di bangku kelas dua belas SMA.

Hai, apa kabar kalian?

Sedang disibukan dengan serangkaian kegiatan kelas dua belas kah? Jika iya selamat berjuang, tetap semangat dan jangan pantang menyerah. Aku tau apa yang kalian rasakan, apa yang kalian bimbangkan. Bukan mencoba sok tahu, bukan juga peramal. Aku pernah ada di posisi kalian, setahun lalu. Maka aku paham, juga mengerti betul apa yang kini kalian rasakan sayang. Mau melanjutkan kemana, kemana aku setelah ini, akan kemana aku?

Kira-kira seperti itu bukan, yang kalian rasakan. Dik.. Kalian boleh saja meminta saran pada guru bk, melakukan konsultasi dengan guru, juga orang tua tapi kalianlah yang paling tahu kemana akan kalian bawa langkah kaki selepas masa SMA ini.

Dik.. Menuntut pendidikan tinggi itu penting, sangat penting. Bagi kakak pribadi tak ada alasan untuk tak menuntut pendidikan tinggi demi masa depan yang lebih baik.

Advertisement

Apapun kendala yang menghalangi langkah kalian, cobalah hadapi, sikapi dengan dewasa. Jangan menyerah sebelum berjuang, jangan takut berjuang demi pendidikan ya manis. Jika biaya adalah kedala kalian cobalah cari beasiswa layaknya bidikmisi atau lainnya, dan- perlu kalian tau beasiswa itu tak hanya ada satu macam, but banyak macamnya. Asal kalian mau mencari informasi, giat mengali informasi entah itu dari eyang google atau lainnya, di luar sana banyak sekali beasiswa yang siap mendanai kalian.

Orang tua melarang, dan menyuruh bekerja. Kalian bisa mencoba bicara baik-baik dengan keduanya, memberi pengertian dari hati kehati. Atau mencari jalan tengah dengan bekerja, tetapi tetap lanjut kuliah dengan ambil kelas karyawan. Dik.. Intinya tetap semangat menuntut pendidikan tinggi, kobarkan api perjuanganmu. Bukan demi siapa-siapa, tapi demi kebaikan dirimu sendiri dimasa mendatang.

Dik.. Tak ada sesuatu yang instan dimuka bumi ini, makanan instan juga terkadang harus tetap dimasak bukan? Semua butuh perjuangan, karena semua ada prosesnya. Dik.. Seterjal apapun jalan yang harus kamu lalui demi mengapai angan, jangan menyerah apalagi memilih mundur ditengah jalan ya- ingat selalu ada hasil gemilang yang siap kamu raih, bila kamu gigih.

Dik.. Setelah UN nanti mungkin adalah masa sulitmu, masa dimana kamu benar-benar bimbang. Masa yang memaksa kamu untuk menentukan pilihan, di tengah pilihan yang semakin sulit untuk di pilih. Tapi, Dik.. Masa sulitlah yang akan mendewasakan kamu tanpa kamu sadari, masa yang akan membuatmu belajar menentukan pilihan, mengambil keputusan yang baik lagi benar demi dirimu sendiri.

Dik.. Aku hanya ingin berpesan pilihlah pilihan yang memang telah kamu yakini, telah kamu resapi, telah kamu pikirkan dengan matang, dengan baik. Agar kamu tak akan menyesal dikemudian hari. Selamat berjuang dik, selamat menentukan arah hidupmu sendiri.

Kini kamu bukan lagi seorang anak Abg, apalagi balita.