Kuliah itu asyik ! Akhirnya bisa terbebas dari "kebosanan" masa SMA and welcome my new life ! Banyak "janji-janji manis" masa kuliah yang udah nunggu dan kalian dengan semangat menyambutnya. Tapi mulai masuk semester tengah-akhir kalian udah mulai harus mikir "setelah ini mau ngapain? Apa cita-citaku sebenarnya?",dan yang kalian tunggu-tunggu pun tiba….skripsi !!

Sebuah tugas akhir yang bikin para mahasiswa rasanya mau nikah aja (tapi nggak jadi, karna nikah juga butuh duit dan calon). Di sinilah biasanya keliatan tingkat keseriusan dan daya juang seorang mahasiswa. Ada yang semangat 45 sampai akhir, tapi ada juga yang iya-enggak-iya-enggak.Saya sebagai mahasiswa yang sudah (dan sedang) mengalami masa-masa ini mencoba merangkum beberapa tips yang (semoga) bisa membantu buat kalian yang mau ataupun lagi ngerjain skripsi niat Ini nih yang paling penting.

Semuanya dimulai dari niat. Kalau emang udah niat dari awal, semuanya bakal lancar, tapi kalau dari awal niat udah entah kemana ya bakal susah. Jangan lupa juga pikirkan kenapa kalian harus mengerjakan skripsi. Kalau saya, mengapa saya harus menyelesaikan skripsi ini tepat waktu bukanlah semata mata karna alasan klise "untuk membahagiakan orang tua". Membahagiakan orang tua tentu iya, hanya saja saya merasa lebih penting motivasi itu harus dari dalam diri saya. Jika kita melakukan yang terbaik tentu orang tua kita akan bangga, bukan?

1. Hadiah untuk diri sendiri

"Liat laptop aja udah males" alasan sebagian besar mahasiswa tingkat akhir (termasuk saya) padahal sebelum-sebelumnya laptop adalah benda kesayangan buat maraton nonton film. Sebisa mungkin setiap mau mengerjakan kita udah menyiapkan "kado terindah" untuk diri kita sendiri.

Advertisement

Seperti, "aku bakalan maraton drama kalo aku hari ini beres ngerjain bab 2" atau "abis kelar ini aku mau beli es krim". Hal-hal seperti ini sangat membantu untuk saya. Menghadiahi diri sendiri itu perlu. Karena kita juga sudah melakukan yang terbaik maka kita juga pantas dapat "hadiah"!.

2. Waktu

Cari waktu yang dirasa best time buat mengerjakan skripsi. Best time beberapa orang itu di sepertiga malam, pagi, siang, atau sore. Jam berapapun itu boleh asal itu adalah best time kalian. Best time saya adalah pada hari Senin dari jam 06.30-12.00. Di luar itu saya sama sekali tidak mengerjakan skripsi. Kalau memang sedang niat sih biasanya best time kedua itu sore jam 15.30-16.00. Saya bukan orang yang bisa mengerjakan di jam sepertiga malam. Ngantuk !

Itulah beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat para mahasiswa tingkat akhir yang sedang berperang menghadapi kerasnya tugas akhir dan dosbim yang menyertainya. Jangan malas ! Itu penyakit yang sangat mematikan. Motivasi terbesar saya yang ingin saya tularkan ke kalian adalah

"Jangan nomor satukan membahagiakan orang tua sebagai motivasi kalian menyelesaikan tugas akhir, karna jika kalian melakukan semuanya dengan baik maka orang tua pasti akan bangga. Tapi, selesaikanlah apa yang kalian mulai. Karna apapun yang sudah kalian mulai harus kalian juga yang menyelesaikan !" Jangan menyerah !