Seperti kamu menanam padi, maka rumput akan tumbuh bersamanya. Jika kamu menanam rumput maka padi tidak akan pernah ada. Sama halnya jika kamu berbuat “baik” maka “kejelekan” akan bersamanya. Jika kamu berbuat “jelek” maka “kebaikan” tak mungkin mengikutinya. Jangan bosan berbuat “baik” meskipun belum sempurna.

Berbuat baik, memang tidak perlu terlalu di rencanakan. Saat kita terlalu sering berangan angan kita akan lupa bagaimana untuk melakukannya. Allah saja selalu memberikan lebih kepada hambanya yang ingin berbagi. Toh dengan berbagi dan berbuat baik kita pasti akan menjadi pribadi yang lebih mengerti.

Melakukan kebaikan juga tidak harus memilki banyak harta, tidak juga menunggu waktu yang tepat. Kamu bisa kok melakukan kebaikan mulai sekarang,tidak perlu yang muluk muluk dari hal kecil dan menularkan niat baik ke orang lain, sudah cukup.

Seperti kegiatan Piknik Kebaikan yang diadakan Hipwee Community Malang hari Minggu, 26 Juni 2016. Mengajak kita anak Malang untuk peduli tentang lingkungan sekitar. Kita mengikuti Challege dengan bermodalkan niat dan keberanian. Kita jugas diberikan trushbag besar, bekal hidup berupa uang Rp 50.000 dan dijaga oleh malaikat kebaikan.

Aku yang saat itu beranggotakan 5 orang hanya diberi waktu 1 jam untuk berbuat baik di Pasar Ramadhan Soehat, Malang. Terlalu banyak wacana membuat kita bingung akan melakukan apa, setelah menyusuri Pasar Ramadhan cukup jauh. Akhirnya kita membelikan es blewah dan membagikan ke pengemis juga pengamen. Setelah itu kita membeli teh botol dengan harag Rp 2500. Uang yang tersisa hanya Rp 25.000 kita yang awalnya ingin membantu ibu berjualan nasi bakar tidak jadi menjualkan karena, waktu sudah mepet di jam 14.30.

Advertisement

Dengan memberanikan diri, kita membeli nasi bakarnya saja dengan uang yang kita milki dan kita mendapatkan 4 nasi bakar. Padahal ini dijual Rp 13.000/bungkus. Alhamdulillah banget ibu Nina pemilik Nasi Bakar ini bersedia untuk melakukan kebaikan bareng kita. Tugas kita selanjutnya membagikan pada tukang parkir. Oh iya trash bag kita juga dimanfaatkan untuk tempat sampah Café yang ada di dekat Pasar Ramadhan situ.

Ternyata aku baru sadar bahwa kebaikan sebenarnya saling berkaitan. Tidak akan dipersulit jika kita memiliki niat dan mau untuk terus melakukan. Thankyou Hipwee yang memilih kelompok kita sebagai pemenangnnya. Aku tungguin kegiatan seru lainnya. Love you!