Memiliki banyak uang, tidak melulu berarti bahwa kebahagiaan bisa selalu didapatkan. Beberapa orang mungkin saja menghambakan uang sebagai penghasil kebahagiaan paling mutakhir. Sementara di sisi lain, sebagian orang mungkin saja tidak akan setuju dengan premis tersebut.

Bilamana uang bisa memberli sebuah kebahagiaan, bisanya mereka akan mencontohkannya dengan personifikasi. Semisal; beli saja sebuah balon udara, berkeliling dengan itu, niscaya kalian akan bahagia. Kira-kira begitulah kata mereka.

Akan tetapi, hal yang paling tidak disadari adalah manakala kita tidak memiliki uang, tetapi ternyata kita memilik banyak waktu. Orang bisa saja berkata bahwa;

Time is money, so, don't waste it.

Lantas, apakah waktu yang kita miliki tersebut bukanlah sesuatu yang bernilai? Uang jelas sangat bernilai, begitupun dengan waktu. Saya menyadari bahwa dalam setiap keterbatasan finansial yang tengah melanda, ada hal lain di balik peristiwa tersebut. Momen yang tidak bisa saya beli dengan uang, yaitu momen bersama keluarga.

Advertisement

Sebagian manusia yang berada di kelas menengah atau pekerja, akan selalu disibukan dengan aktivitas yang mengharuskan mereka jauh dari keluarga. Dalam satu hari, bisa saja 8-10 jam dihabiskan untuk bekerja dan dalam perjalan. Belum lagi waktu istirahat atau tidur, yang menyita 6-8 jam. Waktu untuk keluarga bisa saja hanya tersisa beberapa jam saja. Kontras sekali, di situlah momen yang saya maksudkan susah untuk dibeli, yaitu waktu.

Sekarang kita kembali pada situasi di mana tidak punya uang, akan tetapi memiliki banyak waktu. Tidak mempunyai uang di sini bisa saja saya artikan sebagai kondisi di mana seseorang tidak sedang bekerja, atau tidak memiliki pekerjaan tetapi memiliki banyak waktu. Waktu tersebutlah yang harus bisa kita sadari sebagai kondisi di mana memang sudah saatnya kita menghabiskannya dengan Orang Tua, Adik, Kakak, Anak, atau Sanak Saudara di rumah. Akan sangat menyebalkan sekali memang rasanya tidak punya uang. Namun, percayalah, bahwa dengan bertemu dan menghabiskan waktu dengan keluarga walau hanya di rumah, akan mengobati kekesalan kita.

Pelajaran berharga pun dapat kita ambil, bahwasanya; Kebahagiaan tidak selalu diidentikan dengan uang, tetapi waktu yang berharga bersama keluarga adalah kebhagiaan yang jelas tidak ternilai nominalnya. Jadi, buat kalian yang sedang tidak punya uang, tetapi punya banyak waktu, manfaatkan dan habiskan waktu tersebut bersama keluarga. Rasakan bertapa berharganya momen tersebut.

Sekian dulu, semoga bermanfaat, silakan dibagi, supaya orang lain bisa lebih termotivasi.