Well, kopi memiliki rasa dasar yang pahit dan berwarna hitam. Begitu juga sayuran pare memiliki rasa yang pahit dan bentuk yang kurang menarik bagi sebagian orang.

Tapi tahukah, rasa pahit dari kopi yang mengandung kafein dan asam chlorogenic (sejenis antioksidan nabati) dapat menurunkan kadar stress dan membuat pikiran relax. Begitu juga pare memiliki kandungan mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga kebal dari penyakit.

Sobat, tidak ada yang sia-sia dalam penciptaan Tuhan terhadap alam semesta ini. Begitu pun hal yang terasa pahit terdapat banyak manfaat yang tak diduga.

Seperti ujian dalam hidup. Ujian dari Tuhan sangat pahit, tapi secara tak langsung itu menyehatkan. Ujian dari Tuhan sebagai obat bagi hati yang khasiatnya menghasilkan rasa sabar, ikhlas dan syukur. Dalam waktu yang tak terduga pun Tuhan pasti akan memberikan kejutan yang sangat manis dari sabar, ikhlas dan syukur yang sukses kita jalani.

Sobat, yang sedang dalam masalah atau merasa dalam keterpurukan, hayo tahan dahulu ya agar tak patah semangat dan tak putus asa! Dan jangan lalai juga untuk tekun berdoa. Tuhan tidak akan meninggalkan kita dalam kesendirian, Tuhan tidak akan membiarkan kita untuk menjadi terpuruk. Seperti dalam janji-Nya :

Advertisement


Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS. Al-Insyirah;5)

Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita (QS. At-Taubah;40)

Berdoalah kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu (QS. Al-Mukmin;60)


Janji Tuhan itu tak pernah terbantahkan dan selalu tepat.

Yah, seperti itulah pemikiran simpelnya, ibarat kopi dan pare. Kopi berwarna hitam nan pahit, juga pare yang bagi sebagian orang bentuknya kurang menarik serta rasa yang kurang enak dari sayuran lainnya. Namun keduanya memiliki manfaat dan khasiat yang sangat menakjubkan.

Ujian dari Tuhan terasa berat dan seolah menjalani kehidupan terlihat suram, namun ujian itu mengajarkan kita agar lebih mendekatkan diri kepada-Nya serta sebagai pencegah dan penawar penyakit hati. Selagi kita mau menerimanya maka hasil yang didapat pun akan membuat kita sadar betapa baiknya Tuhan kepada kita.


Ingat tiga keyword; Sabar, Ikhlas dan Syukur yang akan meringankan beban serta melapangkan hatimu


So, jangan buru-buru membenci akan hal yang tidak menyenangkan dan pahit sekali pun dalam kehidupan ini. Lebih baik nikmati saja seperti minum kopi dan makan pare. Cuma sesaat pahit di lidah kok. Tapi khasiatnya menjalar untuk seluruh tubuh. Jangan patah semangat sobat!