Tulisan ini saya persembahkan buat adik-adik yang masih unyu-unyu yang memiliki asa luar biasa untuk mempelajari komputer. Barangkali adik-adik sudah bertekad buat masuk SMK jurusan komputer tetapi bingung mau pilih jurusan apa. Sebaiknya baca pembahasan mengenai jurusan-jurusan komputer yang ada di SMK-SMK di Indonesia, supaya tidak tersesat dan nangis darah sambil kayang begitu tahu tersesat dalam belenggu jurusan terkutuk yang tidak sesuai dengan hati nurani.

1. TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Jika kalian masuk pada jurusan ini, maka kalian akan mempelajari mengenai komputer hardware dan software. Namun semenjak kurikulum 2013 berlaku, bobot mempelajari hardware berkuang, jadi hanya akan mempelajari hardware sebanyak 40% dan software 60%. Ingat, software di jurusan ini bukan membuat software, tetapi lebih pada administrasi jaringan.

Saat kelas dua atau sebelas pelajaran hardware semakin berukrang dan malah nyaris tidak ada. Nanti di kelas tiga bakal serius mempelajari jaringan dan pelajaran software pun terkait jaringan. Jika di kelas sepuluh dan sebelas ada Pemrograman Dasar yaitu pelajaran untuk membuat software, nanti saat kelas dua belas pelajaran tersebut sudah tidak ada.

Jadi bagi kalian yang ingin mempelajari jaringan komputer dan suka manjat-manjat (karena nanti bakal masang antena di tower-tower) sebaiknya masuk jurusan ini.

Advertisement

Harus diingat, jika kalian ingin menjadi programmer software, jangan masuk jurusan ini. Karena sungguh kalian tidak akan mempelajari membuat software secara detail, hanya dasarnya saja.

2. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Yup, dari namanya sudah bisa ditebak bila pada jurusan ini kalian bakal mempelajari seputar software. Tapi sama halnya dengan TKJ, saat kelas sepuluh pun kalian juga akan mendapat pelajaran jaringan dasar. Tapi nanti di kelas sebelas dan dua belas sudah fokus membuat software.

Jadi kalau kalian suka mengotak-atik kode, suka bermain bahasa pemrograman dan ingin menjadi programmer (kayak gue) maka masuk lah jurusan ini (dan gue pun masuk TKJ)

3. MM (Multimedia)

Nggak semua sekolah sama. Multimedia mempelajari tentang membuat film (sungguhan) dan animasi. Bukan hanya itu pada jurusan ini kalian juga akan mempelajari cara mendesain bungkus suatu produk, mendesain poster, brosur dan undangan, mendesain cover CD.

Jadi multimedia mempelajari banyak hal. Entah fokusnya nanti di mana, saya tidak tahu karena saya bukan anak multimedia.

4. Animasi
Ulasan tambahan nih. Dari namanya udah bisa ditebak. Pada jurusan ini kalian akan mempelajari cara membuat film animasi dan juga membuat video game. Jadi bagi kalian yang benar-benar ingin fokus membuat animasi dan video game lebih baik masuk jurusan ini, bukan Multimedia.

Namun nggak semua sekolah menyediakan jurusan ini. Sejauh ini kebanyakan sekolah menyediakan jurusan Multimedia, bukan animasi.

Oke, saya rasa cukup tentang ulasan jurusan-jurusan TI pada SMK. Silakan pilih yang paling cocok menurut kalian semua. Semoga tidak salah pilih jurusan. Salam TI 😀