Berbicara tentang pemuda, maka kita berbicara tentang sekelompok orang yang akan merubah dunia. Tentu saja! Karena mereka lah yang nantinya akan menggantikan para pejabat-pejabat diatas sana yang telah termakan usia. Lebih menarik lagi, pemuda merupakan sosok yang tentunya berjiwa muda, sehat raganya, kuat jiwanya, dan berani dalam membela kebenaran. Pemuda merupakan sekelompok orang yang tidak memihak manapun, mereka memihak kebenaran, mencapai kebenaran merupakan jawaban mutlak bagi seorang pemuda.

Urgensi nya, pemuda merupakan salah satu asset berharga bagi suatu bangsa. Sumber daya manusia yang menjadi patokan pada era sekarang ini, para pemuda-pemuda kreatif dan inovatif. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) Drs. H. Sakhyan Asmara MSP mengatakan dalam kuliah umumnya di Institut Teknologi Medan, “masa depan Indonesia berada di tangan pemuda. Kesungguhan pemuda dan pemudi sangat diperlukan dan jangan takut untuk bermimpi menjadi pelopor agar bisa merubah diri menjadi lebih baik. Oleh karenanya, pemuda harus memanfaatkan potensi diri untuk dibuktikan kepada masyarakat (Jurnal Asia 25 February 2015).

Tentu saja amanah yang besar bagi kita para generasi muda untuk menjunjung titah bangsa yang memiliki sejarah yang cukup menawan. Sejak lama Bung Karno telah mengatakan bahwa, “Berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kugguncangkan dunia”, kalimat inilah yang memberikan secercah harapan baru, bahwa pemuda akan menjadi agen bangsa yang siap membangun peradaban bangsa menjadi bangsa yang besar dan bijaksana.

Maka saatnya kita menjadi pemuda yang dicita-citakan oleh para menteri kita. Saatnya menjadi pemuda yang membangun bangsa. Walaupun dengan kontribusi yang sederhana, itu terlihat lebih cantik daripada hanya berkomentar tak jelas dan tidak melakukan apa-apa. Teruslah berjuang para pemuda bangsa, peradaban baru ada di tangan kita wahai pemuda. See you on top young generation!