Siapa yang tak kenal dengan makanan itu, apakah makanan itu? Yaitu Bakso dan Mie Ayam. Apakah anda dan keluarga anda termasuk penik mata tau penyuka kuliner makanan tersebut. Jika iyaanda dan keluarga, haruslah waspada dan hati-hati dengan kuliner tersebut. Karena pada suatu dahulu, saya sedang melihat suatu acara di televisi (TV). & yang sangat mengejutkan dan memperhatinkannya ternyata ada sebagian seseorang oknum, pedagang bakso dan mie ayam ini, yang dengan sengaja mencampurkan atau mengoplos baksos api dengan ditambahkan daging babi atau sedikit zat bahaya Boraks. Sedangkan pada mie ayamnya juga dicampurkan juga dengan zat bahya juga seperti (formalin). Padahal sudah jelas tindakan curang ini sangat dilarang keras didalam agama dan negara. Seharusnya Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Pemerintah segera mengambil langkah tegas, misalnya berpatroli dan mengunjungi diberbagai tempat diseluruh warung-warung bakso dan mie ayam yang sudah tersebar di Indonesia ini. Tindakan ini, harus cepat dicegah dan wajib segera diatasi, jika masih berlangsung. Maka akan berakibat berbahaya, bahkan berdampak besar pada keharaman dan gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Padahal sudah jelas dalam Al-Quran jika umat muslim (Islam) sampai mengkonsumsi daging babi maka akan berakibat najis dan haram, umat islam tidak Boleh makan daging babi. DalamSurat Al-Baqarah [2:173] Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimubangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Penyakit Yang Diakibatkan Dari DagingBabi :

DR MuradHoffman, Daniel S Shapiro, MD, seorang Pengarah Clinical Microbiology Laboratories, Boston Medical Center, Massachusetts, dan juga merupakan asisten Profesordi Pathology and Laboratory Medicine,Boston University School of Medicine,Massachusetts, Amerika menyatakan terdapat lebih dari 25 penyakit yang bias dijangkiti dari babi. Di antaranya: Anthrax, Flavobacterium group IIb-like bacteria, Influenza,dsb.

Dan dalam Peraturam Pemerintah No. 69 Tahun 1999, tentang Label dan Iklan Pangan. Sudah dilarang keras jika bahan kimia berbahaya: tidak boleh ditambahan pada makanan:Bakso, biasanya bakso ditambahkan Boraks sebagai Pengenyal atau pengawet. Lalu pada mie ayam, ditambakanformalinpadamiesupayalebihkenyal,bisatahanhingga 2-3 haridanjikamiekuningtidakdikerubungilalat, memi-liki warna lebih terang dari biasanya. Sedangkan pada mie yang tidak berformalin biasanya bertahan sampai (4-6 jam), dampak bahaya boraks jika sampai termakan maka Efek negative nya bagi tubuh? Yaitu: Pemakaian yang sedikit dan lama akan terjadi akumulasi (penimbunan) pada jaringan otak, hati, lemak, danginjal. Pemakaian dalam jumlah banyak mengakibat kandemam, anuria, koma, depresi.

Efek negative formalin bagi tubuh? Sukar bernapas, sakit kepala, dan kan kerparu-paru. Di antara efek formalin pada kulit adalah munculnya warna kemerahan, gatal, danter-bakar. Kalau kandungannya sudah sangat tinggi, formalin akan mengakibatkan iritasi pada lambung, alergi, diare bercampur darah, dan kencing bercampur darah. Bukan itu saja, formalin juga bias mengakibatkan kematian karena kegagalan peredaran darah. Hendaknya BPOM dan pemerintah harus segera bertindak dan turun tangan untuk segera menyelesaikan kasus ini. Supaya masyarakat bias tenang dan tidak was-was dengan adanya kejadian ini.

Advertisement

Nama : SirajudinWahyudi

Mahasiswa : UST Prodi PGSD

Alamat : Tegalrejo TR 03/386 Kec. Tegalrejokel.Tegalrejo RT/RW 016/005