“Kamu yakin sama dia?”

“Kamu yakin mau nikah sama dia?”

“Yakin dengan pilihanmu yang ini?”

Pertanyaan-pertanyaan diatas tak ubahnya seperti jebakan yang akan membuat dirimu menjadi bimbang saat memutuskan untuk menikahinya. Padahal kamu udah yakin banget kalau dia itu jodohmu. Nggak peduli deh dengan waktu perkenalan yang singkat, yang penting kamu yakin aja kalau dia itu jodohmu. Tentunya bukan hal yang mudah untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut. Mau nggak mau kamu harus menjelaskannya satu per satu. Biar mereka paham dengan alasanmu.

Buat apa sih menjalin hubungan (read: pacaran) untuk waktu yang cukup lama? Untuk apa? Untuk ngeyakinin dirimu kalau dia itu memang benar jodohmu? Hati-hati lho karena sekarang nggak menjamin hubungan yang sudah dijalin sekian lama akan berakhir dimeja penghulu. Nggak menjamin! Bisa aja ‘kan setelah kamu menjalin hubungan dengan doi bertahun-tahun lamanya, tapi ternyata dia malah bersanding dengan orang lain yang padahal baru dikenalnya hanya sebentar. Bukannya dapat kepastian tapi malah dapat undangan dari mantan. ‘Kan nyesek!

Advertisement

Tahu nggak sih kalau yakin itu levelnya diatas cinta? Secinta-cintanya kamu sama dia, kalau kamu nggak yakin dia itu jodohmu, buat apa coba masih tetap dijalani? Yang ada kamu bakalan merasa terbebani dengan perasaanmu itu. Kamu pun akan meragu untuk mengajaknya naik ke pelaminan. Bimbang? Sudah pasti. Karena dia sama sekali nggak menunjukkan gelagatnya untuk bersedia kamu ajak kesana.

Well, lebih baik seperti ini, kamu memang baru mengenalnya dan masa perkenalanmu dengan dia hanya sebentar. Tapi kamu udah yakin sama dia. Begitupun sebaliknya, dia juga udah yakin dengan dirimu. So, buat apa lama-lama kalau udah sama-sama yakin? Nunggu apa lagi? Langsung aja dibicarain. Heart to heart. Biar segera kelar dan nemu jalan terbaiknya. Nggak perlu lama-lama, takutnya nanti kamu malah jadi ragu sama dia. Soal cinta? Tenang, cinta itu bisa ditumbuhkan kok. Dengan kasih sayang dan kebersamaan. Nggak perlu takut jika rasa cinta itu tidak tumbuh. Sebab seiring berjalannya waktu, perlahan namun pasti, rasa cinta itu akan hadir diantara kalian.

Karena keyakinanmu atas dirinya akan sangat menentukan mau dibawa kemana hubungan kalian. Sudah sama-sama saling mengenal satu sama lain. Tapi hubunganmu dengan dia belum ada peningkatan sama sekali. Gitu-gitu aja terus. Maunya diseriusin tapi malah nggak yakin. Nggak perlu harus dikode juga kali cuma untuk ngajakin dia ke arah yang lebih serius lagi. Masih mending kalau dia bisa baca semua kodemu itu. Kalau nggak gimana? Capek sendiri ‘kan? Karena nggak semua pasangan bisa mengerti dan paham dengan berbagai kode yang diberikan oleh pasangannya. Kalau mau ngajakin serius, ya terus terang aja. Nggak perlu harus pakai kode-kode yang belum tentu bisa dibaca oleh dia. Beri dia ungkapan atau pernyataan secara tersurat. Jangan hanya melalui kode-kode yang menyiratkan keinginanmu saja.

Dan tentunya jangan lama-lama kalau menjalin hubungan dengan lawan jenis. Bahkan sampai lebih dari lima tahun. Apa bedanya dengan kredit motor? Lebih baik jika sudah mengenal dia dalam kurun waktu yang cukup lama, langsung aja disegerakan niat baiknya. Nggak mau kan kalau nanti jadi tamu undangan bukan duduk bareng dipelaminan? Jangan sampai nanti jadi kecewa dan menyesal ketika hubunganmu dengan dia kandas ditengah jalan. Lalu dia memilih orang lain yang dianggapnya lebih serius dan lebih meyakinkan daripada kamu. Emang kamu mau digituin? Nggak ‘kan?

So, mantapkan hatimu mulai dari sekarang. Yakinkan dirimu kalau dia emang seseorang yang memang dipilihkan Tuhan untuk mendampingimu. Kalau udah sama-sama yakin, langsung aja deh diseriusin. Jangan malah dianggurin. Gerak cepat tapi bukan berarti terburu-buru atau tergesa-gesa yaa guys, melainkan bersegera. Bersegera melaksanakan niat baik untuk mengajaknya ke arah yang lebih baik pula. Yaitu dalam sebuah ikatan suci yang penuh kesakralan. Karena disana terdapat banyak keberkahan.