Banyak euforia dibulan ramdhan yang sangat kita nantikan, seperti nikmatnya berkumpul bersama keluar pada saat saur dan berbuka, menjadi bulan yang penuh dengan berkah dan waktu yang tepat untuk kita mengumpulkan amal-amalan kebaikan, dan biasanya yang paling dinanti menjelang berakhirnya bulan ramadhan adalah uang THR yang akan segera didapat, Tak ada salahnya kita mulai dari sekarang menetapkan pos pos apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk menggunakan uang THR tersebut dengan bijak, agar pas, tidak perlu nombok atau bahkan bisa sisa dan yang lebih enak lagi sih kalau bisa menghasilkan lebih nantinya dari yang didapat ya ga? Yuk kita siapin beberapa pos pengeluaran anggaran dari uang THR

Pos pengeluaran amal (zakat, infak,shadaqah, dan hadiah)

Pada akhir bulan ramadhan kita tentunya akan membayar zakat fitrah, pembayaran zakat fitrah ini bisa dibayar dengan uang THR, selain zakat amalan amalan lain selama bulan ramadhan yang inshaallah bermanfaat yakni kita mengeluarkan infaq dan shadaqah, terus biasanya bagi yang sudah bekerja dan punya banyak sanak sodara, atau keponakan keponakan pasti ada tradisi bagi bagi uang THR, nah ga ada salahnya kan mulai dari sekarang kita rinci dulu berapa yang akan kita beri untuk setiap anaknya.

Pos pengeluaran makanan

Rasanya tak lengkap jika berlebaran tidak ada kue kue tersaji di meja tamu dalam rumah, kita bisa ngelist koq berapa banyak kue kue dan aneka jajanan yang kira-kira akan kita pajang di meja tamu kita, tak perlu banyak, dengan pemilihan dalam membeli aneka kue yang tepat nantinya tidak akan mubazir, namun tetap bisa berlebaran dengan suka cita, membuat daftar dari sekarang juga akan menghindari belanja makanan yang berlebihan, karena kita kan sudah punya daftarnya, jika kalian punya hobi dan bisa bikin kue ga ada salahnya buat dicoba tuh biasanya akan terasa spesial dan lebih hemat.

Advertisement

Pos untuk belanja pakaian

Nah ini dia barang yang biasanya sudah dibayangkan, dan sepertinya agak “wajib” dibeli ketika menjelang lebaran, yup gak salah lagi baju/pakaian baru, penting buat kita merencanakan berapa potong baju yang akan dibeli dan berapa pula kisaran harganya, saat belanja pakaian kalau bisa kita hanya membawa uang yang telah kita rencanakan sebelumnya saja ya,karena kecenderungan kita akan menghabiskan uang yang dibawa berapa pun itu, iya ga? jadi kita lebih bisa bijak menggunakan uang yang kita dapet setiap 1 tahun sekali ini.

Pos pengeluaran lain lain

kita juga perlu mengalokasikan dana untuk pengeluaran lain lain atau tak terduga untuk jaga-jaga siapa tau nanti ada yang harus kita bayarkan diluar dari pos pos yang sebelumnya.

Oh ya jangan lupa alokasikan dana berdasarkan skala prioritas, mana pos yang kira-kira akan membutuhkan lebih banyak dana, jangan di pukul rata sama semua ya. Nah akan lebih bijaksana jika uang Gaji dan THR kamu ga sampai titik impas,alias habis tak bersisa, kalian rencanakan anggarannya lakukan dengan efisien dan perancannan matang sehingga ada sisa sisa uang yang bisa kita simpan, ga rugi juga kan?

Nah buat pasangan yang dua-duanya bekerja, enak banget tuh kan dapet double THR, tapi saran aja ya sih, kalau kalian mau dari hasil THR itu bisa lebih menghasilkan lagi pada waktu mendatang, jangan gunakan semua uang THR yang kalian dapat hanya untuk memenuhi kebutuhan untuk lebaran saja, Misalnya jika THR suami saja yang digunakan untuk lebaran, sedangkan THR istri bisa kita tabung atau bahkan diinvestasikan dalam bentuk apapun misalnya kalau yang masih bingung investasi apa? Yang paling mudah adalah membelikan perhiasan emas, karena kecenderungan harga emas itu akan naik dan apabila dijual kembali pun selisihnya tidak terlampau jauh. Dengan adanya uang THR ini bisa kita jadikan tolak ukur apakah kita bisa menggunakannya dengan bijak atau tidak?

Semoga bermanfaat…