Tanpa kita sadari bahwa kesehatan adalah kunci nomer satu untuk beraktivitas.

Jika badan kita sakit maka kita tidak dapat melakukan semua aktivitas yang kita inginkan karena badan akan terasa lemah. Selain raga, jiwa pun harus diperhatikan juga. Karena tidak mungkin seseorang melakukan aktivitas normal seperti bekerja ataupun bersekolah jika jiwa nya sakit.

Maksudnya adalah memiliki fikiran yang stres berlebihan,sehingga dapat menimbulkan sakit di dalam jiwanya karena adanya tekanan yaang sangat besar dari masalah tersebut.

Kesehatan sendiri didefiniskan dalam anggaran dasar WHO tahun 1948 adalah sebagai sebuah kesejahteran fisik, sosial, dan mental yang lengkap,dan bukan hanya sekedar tidak adanya penyakit atau kelemahan namun disebutkan secara keseluruhan atau biasa disebut sebagai segitiga kesehatan.

Menurut Piagam Ottawa, kesehatan memiliki prasyarat-prasyarat tertentu yaitu meliputi perdamaian,sumber daya ekonomi yang memadai,makanan dan tempat tinggal,ekosisem yang stabil dan penggunnaann sumber daya yang berkelanjutan.

Advertisement

Faktor-faktor lain penentu kesehatan mennurut WHO adalah lingkungan sosial dan enomi, lingkungan disik dan bagaimana ciri-ciri dan tingkah laku individu dari seseorang.

Untuk meningkatkan kesehatan, para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang ingin tetap sehat agar selalu melakukan latihan fisik yaitu berupa olahraga seperti jogging,bermain sepkbola,berenang ataupun workout, selanjutnya adalah tidur yang cukup.

Tentu saja memiliki jam tidur yang cukup sangat diperlukan agar saat bangun tidur di keesokan harinya badan kita akan selalu fit dan siap melaksanankan segala aktivitas, lalu ada yang mempertahakan berat badn yang sehat yaitu kita harus mengetahui bagaiamana berat ideal kita, sehingga kita tidak terlihat terlalu genduk atau terlalu kurus,lalu membatasi penggunaan alkohol. jelas,penggunaan alkohol dalam masyarakat islam sangat dilarang karena lebih banyak mendatangi mudhorot daripada manfaat yang diberikan.

Namun, penggunaan alkohol diperlukan apabila kegunaannya untuk menyembuhkan seseorang, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tuhan menciptakan segala sesuatunya pasti selalu ada manfaat dari benda yang Ia ciptakan. yang terakhir adalah larangan untuk tidak merokok.

Hal tersebut sudah sering dibincangkan oleh masyarakat luas untuk memberhentikan penjualan rokok, namun sayangnya pabrik terbesar di Indonesia saat ini adalah pabrik rokok yang keuntungan darii pabrik tersebut sangat menguntungkan bagi negara ini, sehingga pemerintah belum dapat memastikan kebijakan yang tepat bagaimana agar masyarakat Indonesia tidak bisa mengkonsumsi rokok kembali sehingga akan menimbulkan kenyamanan untuk masyarakat lainnya yang tidak merokok, akhirnya pemerintah sendiri berinisiatif untuk memberi peraturan bagi tiap orang yang ingin merokok bahwa ada batasanyya jika ingin merokok, seperti tidak merokok di area sekolah, area taman bermain, dan dewasa ini pemilik restaurant sudah mennyediakan area khusus bagi mereka yang ingin merokok.