Memilih jurusan bukanlah perkara yang mudah untuk kebanyakan orang. Terkadang kenyataan pun membuat kamu terpaksa harus menerima rezekimu, meskipun tak kamu harapkan. Memang, bagi orang-orang, termasuk para mahasiswa, dihadapkan pada sesuatu yang jauh dari apa yang kita pernah bayangkan merupakan hal yang biasa. Pun begitu dengan perkara memilih jurusan.

Kadang ketika kita merasa jika sesuatu tak pada tempatnya, marah dan kesal adalah jawabannya. Untuk nyari tahu cocok apa nggak kamu kuliah di jurusan kamu saat ini, yuk coba cari tau di sini!

 

1. Gimana ceritanya bisa masuk jurusanmu sekarang?

Penuh perjuangan dan kerja keras, karena memang cita-cita kamu masuk jurusan ini.
Pilihan terakhir. Emang nyasar dan gak diterima di jurusan yang dicita-citakan. Dari pada gak kuliah ‘kan?
Iseng-iseng berhadiah. Diterima ya asik, gak juga gak apa-apa.

2. Apakah kamu suka dengan mata kuliah yang ada di jurusanmu?

Suka banget!
Lumayan suka, meskipun ada juga yang gak disuka.
Puyeng ah. Ga suka!

3. Seberapa sering kamu absen kuliah tanpa alasan?

Gak pernah. Sayang duit kuliah.
Sering. Soalnya males sih sama dosen atau mata kuliahnya?
Cukup sering sih. Selama jumlah nyawanya masih ada, manfaatin jatah absen aja.

4. Apa kamu suka sama dosen-dosennya?

Kurang suka. Kebanyakan ngasih tugas yang susah-susah.
Lumayan sih. Kadang masuk kepala, kadang enggak.
Dosen-dosennya keren. Masuk banget ilmunya ke kepala.

5. Pendapatmu soal temen-temen satu jurusan?

Lumayan asik. Mereka salah satu alasan saya bertahan di jurusan ini.
Asik orang-orangnya. Kooperatif kalo ada tugas.
Terlalu serius dan kolot. Suka ngeburu-buru tugas kelompok. Kaya dosen aja.

6. Kalau soal tugas-tugas kuliah?

Banyak dan malesin karena susah tugasnya.
Lumayan banyak dan susah-susah sih.
Banyak banget, tapi bisa nambah pengetahuan dan skill ko.

7. Pernah merasa putus asa di jurusanmu sekarang karena beberapa hal?

Beberapa kali sempet mikir ini bukan jurusanku. Tapi ya gimana lagi?
Sering kepikiran sih. Bikin frustasi dan ngerasa jurusan ini bukan duniaku banget.
Perasaan seperti itu sekali-dua kali mah pernah ada, tapi ga sampe frustasi. Nikmatin aja.