Para cewek tentunya sudah nggak asing lagi dengan scarf, selendang atau pashmina dengan bahan tipis yang biasa dijadikan aksesoris pakaian atau pelindung leher dari hawa dingin. Namun seiring perkembangan dunia fashion, kini scarf juga kerap dimanfaatkan sebagai aksesoris rambut dan kepala yang praktis dan memberi gaya yang berbeda. Sebuah solusi buatmu yang bosan dengan tatanan rambut yang polos dan itu-itu saja, ‘kan?

Kamu bisa mencoba memberikan aksen pada rambut dengan berbagai macam kreasi lilitan dari scarf. Nggak hanya untuk mereka yang rambutnya tergerai, para hijabers-pun bisa menggunakan scarf sebagai penutup dan pemanis tampilan di kepala, lho. Biar nggak penasaran lagi, yuk intip ragam inspirasi menata scarf untuk kepala dari Hipwee Style berikut ini.

1. Bandana scarf merupakan salah satu style yang umum digunakan. Selain mudah mempraktikannya, hasilnya juga nggak berlebihan

bandana via abeautifulmess.com

Untuk memakainya, biarkan rambutmu tetap terurai, lipat kecil scarf, lalu lingkarkan di kepala dan ikat ujungnya. Biarkan ujung scarf menjuntai membentuk pita atau tarik sisa scarf ke arah bahu kanan atau kiri untuk mempercantik penampilanmu. Gaya ini cocok dikenakan untuk acara santai di akhir pekan. Gaya scarf seperti ini juga cantik dipadukan dengan rambut yang disasak cukup tinggi. Tambahkan anting besar untuk kesan glamor di acara yang lebih formal.

2. Nggak jauh berbeda dengan gaya bandana, banded scarf juga cocok diterapkan untuk tampilan sederhana

banded scarf via www.kriya.co.id

Advertisement

Pertama-tama gulung scarf seperti biasa, lalu masukkan scarf ke dalam ikatan rambut berbentuk bulat, tempatkan di sisi tengah scarf. Sematkan scarf di sisi kepala bagian atas, sematkan mengelilingi seluruh bagian kepala, kemudian ikat scarf ke bagian belakang. Gaya ini hampir sama dengan bandana scarf, hanya saja pada bagian tengah scarf terdapat aksen lekukan yang membuat tampilan lebih manis.

3. Kuncir kudamu bakal terlihat manis jika dipadukan dengan gaya hidden bowl seperti ini

hidden bowl via www.youtube.com

Ambil sehelai scarf segi empat, lalu lipat. Ikatkan scarf pada kepala menjadi dua simpul. Selipkan helai scarf di bawah bandana. Gaya ini cocok untuk acara santai dan romantis. Tampilan kuncir kudamu akan terkesan cute dan terisi. Jika nggak begitu suka kuncir kuda, kamu juga bisa mengubahnya menjadi cepolan.

4. Buatmu yang berhijab, gaya turban scarf bisa diterapkan. Gunakan scarf yang berukuran selebar dada

turban via www.etsy.com

Tutupi seluruh kepala dengan scarf yang agak panjang, biarkan kedua ujung menyatu di bagian atas kepala, rapikan dengan peniti. Setelah itu silangkan kedua ujung scarf lalu bawa ke bagian leher, ikat. Bawa kembali sisa bagian ke arah dahi, sematkan ujungnya di dalam turban hingga nggak terlihat. Kamu bisa kenakan ciput terlebih dahulu untuk menutupi bagian leher yang terbuka.

5. Atau, kamu juga bisa bikin model turban bunga untuk memberikan statement di bagian kepala

Gaya seperti ini cocok untuk acara yang lebih formal atau liburan. Bisa juga sebagai gaya ketika berlibur. Caranya, tutup seluruh kepala dengan scarf hingga rapi. Biarkan sisa scarf berada di kepala bagian atas, sematkan peniti jika perlu. Pelintir kedua ujung scarf yang menjuntai menjadi satu di atas kepala dengan rapi. Perlahan, putar lilitannya hingga membentuk lingkaran, sematkan jarum pentul. Jadilah turban dengan aksen bunga pelintir di atas kepala. Cantik, bukan?

6. Scarf bisa juga digunakan sebagai aksesoris rambut cepol agar terlihat lebih menarik. Bukan dililit di kepala, melainkan diikatkan pada cepolannya

untuk tali cepolan via abeautifulmess.com

Pertama-tama, kuncir dan gulung rambutmu tepat di puncak kepala. Lingkarkan scarf mengelilingi cepolan, ikat dan simpulkan scarf di belakang kepala. Bagian ujungnya bisa kamu buat bentuk pita atau kamu biarkan terjuntai di samping bahu kiri atau kananmu sesuai selera.

7. Sebagai penutup kepala agar kepalamu nggak terkena angin saat main ke pantai, bisa gunakan gaya bohemian scarf begini

bohemian via www.metromela.com

Buka lebar scarf, sematkan di kepala. Bungkus dan tutupi seluruh bagian kepala hingga ke bagian belakang. Ikat kencang namun pastikan tetap terasa nyaman. Ikat scarf dalam bentuk pita di sisi belakang bagian bawah kepala, sekitar di area tengkuk leher. Kenakan kacamata hitam untuk menyempurnakan penampilan.

8. Biar ala-ala pendekar, bikin saja kreasi scarf membentuk  front twist yang melingkari kepala

front twist via wardrobelooks.com

Pilihlah scarf yang berukuran besar, lalu lipat menjadi bentuk panjang. Tempatkan scarf di sisi belakang kepala, bungkus kepala bagian depan, gunakan kedua ujung scarf untuk membentuk ikatan yang ditempatkan di bagian kening. Lalu putar-putar ujung kain scarf yang tersisa, buat bentuk kepangan. Tarik kepangan tersebut ke kepala bagian belakang, ikat kedua kepangan tersebut menjadi satu ikatan.

9. Buatmu yang ingin bergaya vintage, buat saja gaya vintage wrap dengan scarf. Kepalamu jadi tertutup kerudung mini yang oke punya

selendang vintage via id.pinterest.com

Lipat scarf menjadi segitiga, sematkan scarf ke atas kepala. Pastikan ditempatkan dengan lurus, sisi seimbang antara satu sama lain. Tarik kedua ujung scarf, silangkan di bawah dagu. Kemudian tarik silangan tersebut ke bagian belakang kepala, lalu ikat erat dengan membuat bentuk ikatan pita. Selesai, deh!

10. Terakhir, kamu bisa membuat kepanganmu lebih artistik dengan melilitnya dengan scarf

buat kepangan via id.pinterest.com

Tatanan rambut berkepang sudah nggak asing lagi memang. Tapi bagaimana jika kamu mencoba mengaplikasikan tatanan rambut kepang dengan aksesoris berupa scarf? Langkah pertama, gunakan scarf sebagi bandana, dengan memasang bagian tengah scarf di kepala, dan kedua ujung scarf menjuntai ke belakang bersama rambutmu. Mulailah mengepang rambut dengan kedua ujung scarf yang menjuntai tadi, hingga kepangan selesai pada ujung rambut, lalu buat simpul untuk mengikat rambut dengan scarf. Lihatlah hasilnya, cantik bukan?

Sebenarnya banyak sekali aplikasi aksesoris berupa scarf yang bisa diterapkan untuk rambut. Kamu nggak perlu lagi khawatir saat mengalami bad hair day atau bingung menentukan aksesoris kepala untuk menunjang penampilan. Karena dengan hanya menyediakan scarf, maka mahkotamu akan dibuat indah memesona. Selamat mencoba, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya